Sukses

Masalah Telinga dan Tenggorokan

01 Jun 2017, 11:51 WIB
Pria, 28 tahun.

doc nma say farhan saya punya masalah sengan telinga sama tenggorokan.. klo nelan ludah kayakx berat.. biasanya kalok nelan ludah kedua kuping bunyi...dapat empat tahun penyakit ini doc gak sembuh2.. mohon jawabanya dok

Terima kasih telah bertanya seputar masalah telinga dan tenggorokan melalui fitur Tanya Dokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Apakah maksud bapak terasa telinga tersumbat? Apakah dari telinga keluar cairan? Apakah telinga terasa gatal, nyeri, dan/atau panas? Apakah masalah tenggorokan yang dimaksud adalah nyeri tenggorokan? Apakah keluhan disertai dengan batuk pilek? Apakah ada keluhan seperti nyeri ulu hati, dada terasa panas, dan/atau mulut terasa asam?

Bila menelan ludah terasa kedua kuping berbunyi, ini biasa disebabkan oleh saluran telinga - hidung yang tersumbat lalu terbuka karena tindakan menelan ludah. Telinga secara anatomis memiliki hubungan dengan rongga faring melalui saluran tuba. Hubungan yang ada menjadikan keluhan yang terjadi pada rongga faring dan hidung dapat memberikan keluhan pada telinga. Timbulnya suara jika menelan air ludah dapat terjadi dikarenakan saluran tuba yang sedang terbuka tersebut.

Berdasarkan informasi Bapak, ada kemungkinan keluhan Anda disebabkan oleh penyakit tenggorokan dan/ atau telinga. Penyakit tersebut bisa disebabkan infeksi, alergi, ataupun kelainan anatomis, sebaiknya konsultasikan kondisi anda ke dokter spesialis THT untuk dilakukan pemeriksaan fisik menyeluruh, pemeriksaan penunjang yang dibutuhkan, sehingga mendapatkan terapi yang tepat.

Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai masalah telinga dan tenggorokan. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat.

0 Komentar

Belum ada komentar