Sukses

Penyakit Katup Jantung Rematik
01 Jun 2017, 11:28 WIB
Pria, 27 tahun.

Malam dok,saya mau tanya,,beberapa bulan yang lalu saya di fonis sakit rematik katup jantung sebelah kanan olek dokter spesialis jantung dekat tempat tinggal saya,,,dokter itu bilang jantung saya harus di operasi dan di ganti menggunakan katup jantung buatan, ,, Yang ingin saya tanyakan,,apakah jantung saya bisa sembuh tanpa operasi,dan gimana caranya,.,.tks.

dr. Jeannyfer HJ

Dijawab Oleh:

dr. Jeannyfer HJ

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya DOkter KlikDokter.com.

Halo, kami memahami kekhawatiran Anda.

Penyakit Jantung Rematik (PJR) atau dalam bahasa medisnya Rheumatic Heart Disease (RHD) adalah suatu kondisi dimana terjadi kerusakan pada katup jantung yang bisa berupa penyempitan atau kebocoran, terutama katup mitral (stenosis katup mitral) sebagai akibat adanya gejala sisa dari Demam Rematik (DR).

Demam rematik merupakan suatu penyakit sistemik yang dapat bersifat akut, subakut, kronik, atau fulminan, dan dapat terjadi setelah infeksi Streptococcus beta hemolyticus group A pada saluran pernafasan bagian atas. Demam reumatik akut ditandai oleh demam berkepanjangan, jantung berdebar keras, kadang cepat lelah. Puncak insiden demam rematik terdapat pada kelompok usia 5-15 tahun, penyakit ini jarang dijumpai pada anak dibawah usia 4 tahun dan penduduk di atas 50 tahun.

Berikut adalah beberapa faktor yang melatarbelakangi seseorang dewasa mengalami kebocoran jantung :

1. Endokarditis Infektif – Sebagian besar orang sehat, jantung normal tidak beresiko signifikan untuk terkena infeksi katup jantung ini

2. Bedah mulut atau operasi yang melibatkan mulut, kantung kemih, prostat, atau organ pelvis wanita

3. Pecandu obat yang menyuntikan obat melalui vena mereka menggunakan jarum tidak steril

4. Demam reumatik – Ini diakibatkan respon alergi pada tipe tertentu bakteri streptokokal. Jika ini terjadi, ini mungkin sering terjadi pada anak yang mengalami infeksi streptokokal yang tidak diobati sepenuhnya.

5. Serangan jantung dan gangguan jaringan konektif tertentu seperti sindrom Marfan dan degenerasi myxomatus

Terapi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah katup jantung tergantung dari jenis dan keparahan dari kelainan tersebut. Dengan pemeriksaan lebih lanjut dokter dapat mengidentifikasi lokasi, tipe dan luasnya kelainan katup jantung anda. Hasil dari pemeriksaan tersebut akan membantu dokter memutuskan prosedur pengobatan yang terbaik untuk anda. Jika kelainan katup Anda tidak terlalu berat, mungkin dokter akan memberikan beberapa obat-obatan untuk mengurangi gejala ataupun untuk mengurangi kerusakan katup lebih lanjut. Namun, jika kelainan katup Anda sudah berat diperlukan operasi penggantian katup untuk mencegah timbulnya kelainan jantung yang lebih berat.

Jika Anda sudah disarankan untuk melakukan operasi oleh dokter jantung Anda, kemungkinan kelainan katup yang Anda derita sudah berat. Kami sarankan Anda kembali melakukan konsultasi ke dokter jantung Anda. Jika Anda ragu, Anda dapat melakukan konsultasi untuk mendapat opini lain ke dokter jantung lainnya.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, smeoga bermanfaat.

Salam Sehat

0 Komentar

Belum ada komentar