Sukses

Komedo Wajah

31 May 2017, 23:33 WIB
Wanita, 27 tahun.

Dok, sy mau tanya tiba2 di wajah muncul bulat kecil2 berwarna putih, tidak gatal dn tdk terasa ap2 tp cukup menganggu penampilan, mohon solusix dok, sblmx blm pernah muka sperti ini, ap mngkin sy alergi minum susu kecantikan, namanya gluta drink, terimakasih dok

dr. Jeannyfer HJ

Dijawab Oleh:

dr. Jeannyfer HJ

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com

Halo, kami memahami kekhawatiran Anda.

Apakah Anda sedang menggunakan produk kecantikan wajah ?

Bagaimana kebersihan wajah Anda ?

Dari keluhan yang Anda sampaikan, kemungkinan Anda mengalami komedo putih/white head.

Komedo terjadi karena produksi minyak berlebih sehingga menyebabkan munculnya sumbatan pada saluran kelenjar minyak. Sumbatan ini diperburuk dengan penumpukan kotoran, debu, make up, dan sel kulit mati di permukaan kulit.


Komedo dibagi menjadi 2 jenis, yaitu:

1. Blackhead
Blackhead atau biasa disebut dengan komedo hitam adalah jenis komedo terbuka, yang lebih mudah terlihat oleh mata. Komedo jenis ini terjadi ketika produksi minyak berlebih menyumbat pori-pori di wajah. Pori-pori yang tersumbat tersebut dapat menjadi media bagi bakteri untuk bersarang. Pada akhirnya hal ini menyebabkan timbulnya jerawat.

2. Whitehead
Whitehead atau komedo putih adalah jenis komedo tertutup. Hampir sama dengan blackhead, whitehead juga disebabkan oleh pori-pori yang tersumbat oleh produksi minyak berlebih.

Pada kasus ini, yang berbeda hanyalah warna dari komedo yang timbul. Perbedaan warna yang timbul adalah akibat dari tidak adanya aliran oksigen di area terbentuknya komedo.

Bintik hitam (blackhead) atau bintik putih (whitehead) umumnya muncul di daerah berminyak –seperti hidung, dagu, dan terkadang punggung. Bintik-bintik ini adalah cikal bakal dari jerawat.

Berikut 7 langkah menghilangkan komedo, antara lain :

1. Pilih produk perawatan yang sesuai
Sesuaikan produk perawatan dengan kondisi kulit Anda. Bila perlu, berkonsultasilah terlebih dahulu pada dokter. Hindari sembarang menggunakan krim penghilang komedo. Tanpa pengawasan dokter, krim tersebut bisa saja menyebabkan iritasi dan membuat lapisan kulit Anda rusak.

2. Bersihkan wajah secara teratur
Membersihkan wajah bermanfaat menghilangkan minyak berlebih dan kotoran yang menumpuk di permukaan kulit wajah. Dalam membersihkan wajah, Anda sebaiknya menggunakan pembersih yang mengandung asam salisilat, asam glikolat, ataupun peroksida benzoate.

Pembersih wajah dengan kandungan tersebut efektif mengurangi komedo karena dapat mengangkat sel kulit mati, mengeluarkan sumbatan yang ada di pori-pori, serta mengurangi produksi minyak dan bakteri di kulit. Namun ingat, mencuci wajah sebaiknya jangan dilakukan terlalu sering, karena dapat menyebabkan kulit kering.

3. Lakukan eksfoliasi atau pengelupasan kulit
Tumpukan kulit mati dapat menyebabkan komedo. Sedangkan eksfoliasi, atau pengelupasan kulit mati, dapat mencegah timbulnya komedo. Pilih metode eksfoliasi yang sesuai dengan keinginan dan kenyamanan Anda. Jangan gunakan metode yang terlalu kasar, apalagi untuk wajah. Karena kulit wajah lebih sensitif dibandingkan dengan bagian kulit bagian tubuh lainnya.

4. Gunakan pelembap segera setelah mencuci wajah
Setelah wajah dibersihkan, biasanya pori-pori dalam keadaan tidak terbuka. Karena itu, Anda harus memakai pelembap segera setelah mencuci wajah. Anda pin bisa menggunakan kompres dingin terlebih dahulu sebelum menggunakan pelembap. Setelah pelembap, lengkapi dengan pemakaian make up harian Anda. Ini akan membantu mengurangi risiko tertimbunnya kotoran pada pori-pori, yang akan berujung pada pori-pori tersumbat. Setelah selesai beraktivitas, pastikan Anda membersihkan make up tersebut menggunakan make up remover.

5. Perhatikan pola makan
Kurangi konsumsi produk yang mengandung susu dan daging. Keduanya mengandung hormon yang dapat mengganggu keseimbangan hormonal alamiah di tubuh. Selain susu dan daging, yang perlu Anda batasi adalah konsumsi lemak dan gula. Lemak dan gula dapat menyebabkan pergantian kulit lebih lambat, sehingga komedo bisa muncul. Konsumsi multivitamin dan mineral juga bisa Anda lakukan, guna membantu menangkal radikal bebas. Konsultasikan terlebih dahulu pada dokter untuk mengetahui jenis multivitamin yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

6. Jaga hidrasi kulit
Kulit yang terlalu kering sangat mudah menyebabkan iritasi. Ini akan membuat keadaan komedo dan jerawat semakin parah. Solusinya, banyak minum air dan menggunakan produk perawatan yang sesuai dengan jenis kulit Anda.

7. Gunakan tisu khusus untuk menyerap minyak di wajah
Tisu yang seperti ini sangat mudah ditemukan di pasaran. Fungsinya untuk mengurangi minyak berlebih di wajah dan mencegah timbulnya komedo.

Jika dengan cara di atas komedo tidak kunjung menghilang dan/atau semakin mengganggu kondisi wajah, maka sekarang saatnya Anda mengunjungi dokter spesialis kulit dan kelamin untuk membantu mengatasi keluhan tersebut. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar komedo, semoga bermanfaat.

Salam Sehat

0 Komentar

Belum ada komentar