Sukses

Kecurigaan Infeksi Paru TBC

01 Jun 2017, 00:28 WIB
Wanita, 22 tahun.

Akhir desember yll sy chek up hasilnya susp kp dextra aktif. Oleh dr. Sp. Pd sy di beri terapi antibiotik selama satu minggu. Kemudian setelah habis obat sy rontgen lg hslnya sdh normal. Dokter tsb mengatakan bahwa hsl fotonya sebenarnya sm dgn yg lalu hanya sj hsl foto yg ke dua agak buram kurang jernih berbeda dgn yg pertama. Krna yg pertama di lab ka**ka tp yg ke dua di RS umum setelah itu sy tdk di beri terapi lg. Tp sy merasakan sy mudah skali terserang batuk dlm wkt yg cukup lama dan bunyinya pun terdengar berbeda. Apa yg dpt di anjurkan sy lakukan? Apakah hrs di rontgen lg? Terima kasih

Terima kasih sudah bertanya seputar kecurigaan infeksi tbc menggunakan fitur tanya dokter di Klikdokter.

Kami mohon maaf atas keterlambatan dalam menjawab pertanyaan Anda, Namun pertama-tama ada beberapa hal yang perlu kami tanyakan seperti: apakah batuk Anda berlangsung terus menerus atau hanya pada malam atau pagi hari? Apakah ada sesak, demam, penurunan berat badan, keringat malam? Apakah ada keluhan lain? Apakah ada riwayat asma/alergi/ maag? 

Arti dari foto rontgen atau pemeriksaan radiologis pertama Anda menyatakan bahwa ada kecurigaan paru kanan Anda terdapat Koch Pulmonum (KP) yaitu infeksi TBC atau tuberkulosis. Langkah selanjutnya biasanya adalah pemeriksaan dahak untuk memastikan bahwa infeksi tersebut positif TBC. Apabila pemeriksaan dahak pagi hari positif, maka memang benar infeksi TBC, akan tetapi bila negatif mungkin TBC yang tidak menular. 

Apakah Anda sudah menjalani pemeriksaan dahak? Apakah ada keluarga atau orang-orang di sekitar Anda yang mengalami keluhan yang sama?

Untuk memastikannya kami menganjurkan agar Anda dapat memeriksakan diri ke dokter spesialis paru untuk penanganan lebih lanjut.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

Tim Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar