Sukses

Kebas Setelah Kemoterapi

01 Jun 2017, 00:10 WIB
Pria, 20 tahun.

Halo Dokter, Nama saya Rike umur 20thn, saya baru saja selesai kemoterapi sekitar satu setengah bulan yang lalu. Setelah kemo saya merasakan kebas di tangan dan kaki saya, dan sekarang rasa kebasnya semakin berasa. pertanyaannya, apakah itu efek dari kemoterapi dok? Kalau iya kira2 sampai kapan kebasnya terasa? Terimakasih Dok :)))))

Terima kasih sudah bertanya seputar kebas atau kesemutan setelah kemoterapi menggunakan fitur tanya dokter di Klikdokter.

Kesemutan atau parestesia dalam ilmu kedokteran, adalah sensasi pada permukaan tubuh tertentu yang tidak dipicu rangsangan dari dunia luar. Sensasi tersebut adalah sensasi rasa dingin atau panas di suatu bagian tubuh tertentu, atau sensasi rasa dirambati sesuatu. Parestesia itu timbul bila terjadi iritasi pada serabut saraf yang membawa sensasi kesemutan.

Karena kurangnya data yang tersedia dan keterbatasan kami untuk melakukan pemeriksaan fisik, maka kami mengalami kesulitan untuk mendiagnosis dan menentukan diagnosis pasti dari keluhan yang Anda alami. Jika kesemutan terjadi dalam waktu singkat dan membaik setelah Anda menggerakkan kami, maka Anda tidak perlu hawatir. Namun apabila keluhan terjadi terus menerus dan semakin mengganggu, kami sarankan Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis saraf untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Tingkat efek samping kemoterapi bisa berbeda antara pasien yang satu dengan yang lain, tergantung dari ketahanan tubuh masing-masing. Efek kemoterapi sebagai pengobatan kanker yang paling sering terjadi adalah mual-muntah, mielosupresi (menekan produksi darah), kelelahan, rambut rontok dan sariawan. Efek samping terjadi, akibat obat kemoterapi tidak hanya membunuh sel kanker tapi juga sel normal yang ikut membelah cepat. Namun efek samping kemoterapi bersifat sementara, dapat kembali normal setelah kemoterapi selesai.

Berikut hal yang sebaiknya dilakukan saat menjalani kemoterapi:

  • Hindari situasi yang meningkatkan terkena infeksi, seperti orang sakit, orang yang baru vaksinasi, dan keramaian.
  • Untuk mencegah infeksi, biasakan cuci tangan dengan sabun antiseptik dan air mengalir sebelum makan.
  • Makanlah hanya makan yang telah dimasak matang, dan jika ingin mengkonsumsi sayuran mentah, cucilah lebih bersih dan bilas dengan air matang. Hindari makanan atau minuman yang merangsang mual.
  • Kurangi olah raga berat
  • Makan cukup yang mengandung besi seperti sayur hijau, hati.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

Tim Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar