Sukses

Penanganan Hemangioma

31 May 2017, 23:35 WIB
Wanita, 23 tahun.

Dok saya bekas pasien hemangioma palpebra superior sebelumnya saya sudah 2x menjalankan operasi. Beberapa tahun setelah operasi kedua saya merasa kelopak mata saya kembali agak bengkak dan berdenyut. Namun hasil mra mengatakan tanda hemangioma tidak ditemukan. Dan dokter mengatakan mungkin itu jaringan ikat bekas operasi. Yg ingin saya tanyakan, apakah memang jaringan ikat itu memiliki denyut seperti sel yg hidup? Terimakasih..

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Kami akan mencoba menjawab pertanyaan anda. Jaringan parut bekas operasi dapat menyebabkan tarikan pada kulit sekitarnya sehingga menyebabkan sensasi tidak nyaman, mungkin hal inilah yang Anda rasakan.

Hemangioma merupakan suatu tumor pembuluh darah yang tergolong sebagai suatu tumor jinak, dan lazim ditemukan pada anak-anak. Umumnya hemangioma dapat mengecil sendiri tanpa pengobatan, tanpa meninggalkan bekas atau hanya sedikit meninggalkan bekas, tetapi proses ini memakan waktu hingga beberapa tahun.

Tahapan perkembangan hemangioma antara lain :

1. Tahap proliferasi : tahap dimana hemangioma berkembang sangat cepat. Tahap ini dapat bertahan hingga usia 12 bulan. Bila besar maksimun sudah tercapai, biasany ausia 9-12 bulan, warnanya akan berubah menjadi merah gelap.

2. Tahap istirahat : hanya terdapat sedikit perubahan pada gambaran hemangioma. Tahap ini umumnya terjadi hingga anak berusia 1-2 tahun.

3. Tahap involusi : tahap dimana hemangioma akhirnya mengecil. Saat terjadinya involusi berbeda-beda pada setiap individu, namun biasanya digambarkan dengan perubahan warna dari merah menyala ke ungu atau keabu-abuan. 50% tumor akan menghilang pada usia 5 tahun dan akan benar-benar hilang pada usia pubertas.

Kebanyakan hemangioma dapat mengecil sendiri tanpa dioperasi. Namun, dalam perkembangannya, hemangioma dapat mengalami komplikasi seperti pada kasus anak anda, yaitu terjadi perdarahan dan infeksi, sehingga diperlukan pengobatan yang lebih aktif untuk mengatasinya. Sebagai langkah awal untuk mengatasinya dapat diberikan pengobatan konservatif (non-bedah) dengan :

Pemberian obat-obatan penghilang rasa sakit seperti parasetamol atau lignocaine topikal.

Atasi infeksi dengan pemberian antibiotik

Lakukan perawatan luka steril dengan melakukan pencucian luka menggunakan cairan normal saline, dan salap bacitracin atau zinc oxide

Menutup luka

Jika dengan terapi konservatif seperti yang telah disebutkan diatas namun masih belum ditemukan perbaikan, maka dapat dilanjutkan dengan pengobatan menggunakan laser atau dengan pemberian kortikosteroid sistemik. Sementara operasi akan dilakukan jika : Terdapat tanda tanda pertumbuhan hemangioma yang terlalu cepat, dalam beberapa minggu lesi menjadi 3-4 kali lebih besar Terbentuknya hemangioma raksasa dengan jumlah trombosit darah yang menurun, Hemangioma tidak mengecil dengan spontan setelah berusia 6-7 tahun, Hemangioma yang terletak di wajah, leher, tangan atau vulva yang tumbuh cepat.
Dengan banyaknya pilihan pengobatan yang dapat diberikan kepada anak anda, kami sarankan agar anda berkonsultasi kembali kepada dokter anda akan jenis pengobatan yang terbaik bagi anak anda, karena dokter anda lah yang memahami kondisi hemangioma yang dialami oleh anak anda saat ini. Keputusan untuk menentukan pilihan pengobatan sepenuhnya berada di tangan anda setelah anda memahami kelebihan dan kekurangan dari pilihan pengobatan-pengobatan tersebut.

Demikian informasi yang dapat Kami berikan. Semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar