Sukses

Kehamilan Setelah Operasi Sesar

31 May 2017, 23:34 WIB
Pria, 33 tahun.

selamat pagi dok, berapa lama waktu bagi seseorang setelah melakukan operasi cesar itu bisa sembuh total dan berapa jangka waktunya wanita itu boleh hamil lagi setelah cesar td? mohon penjelasannya, terima kasih

Terima kasih sudah bertanya seputar kehamilan setelah operasi sesar menggunakan fitur tanya dokter di Klikdokter.

Jarak antara operasi caesar dengan kehamilan berikutnya disarankan 18-24 bulan. Rentang waktu ini ditujukan agar luka bekas operasi pada rahim dan lapisan lainnya dapat sembuh secara sempurna terlebih dahulu sebelum mempersiapkan diri untuk kehamilan berikutnya. Kehamilan yang berdekatan dengan operasi caesar sebelumnya dapat meningkatkan risiko terjadinya robekan pada rahim, tetapi risiko ini dapat dikurangi dengan kontrol yang baik selama kehamilan. Tetap pertahankan kehamilan dan jalani pola hidup yang sehat. Yang terpenting, lakukan pemeriksaan kehamilan secara teratur ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan guna memantau kondisi Anda dan janin.

Untuk merencanakan jarak kehamilan mendatang, Anda dapat menggunakan berbagai metode kontrasepsi yang telah tersedia seperti IUD (spiral), KB suntik, pil, implan, kondom, atau kontrasepsi mantap. Diskusikan dengan dokter atau bidan Anda metode KB yang paling sesuai untuk Anda.

Proses penyembuhan luka operasi sesar sendiri dapat memakan waktu antara 3-6 bulan. Sebaiknya, selama masa penyembuhan, Ibu tidak dianjurkan untuk mengangkat barang berat dan mengedan agar tekanan didalam perut tidak meningkat dan menyebabkan luka kembali terbuka. Daerah bekas luka operasi perlu dijaga tetap kering dan bersih.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

Tim Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar