Sukses

Penanganan Infeksi Kuku

31 May 2017, 23:35 WIB
Wanita, 14 tahun.

Dok dulu saya ngalamin penyakit cantengan,trus kuku saya dicabut,tah sekarang kambuh lagi cantengannya,trus kuku kaki sya warnanya beda gtuh,kaya warna hijau tua,baunya juga gak sedap banget,itu kenapa ya dok?

Terimakasih telah bertanya seputar infeksi kuku melalui fitur Tanya Dokter.

Yang Anda alami sepertinya berhubungan dengan cantengan atau paronikia, yaitu infeksi pada kuku dan sekitarnya. Kondisi ini tidak mudah disembuhkan. Berikut beberapa hal yang dapat Anda lakukan di rumah:

Merendam kuku dalam air hangat 3-4 kali sehari selama 5-10 menit, sampai gejala menghilang. Jangan lupa untuk mengeringkan kuku setelah merendamnya.
Memastikan agar daerah kuku dan sekitarnya selalu kering dan bersih.
Jangan menggunakan produk-produk yang dapat mengiritasi (sabun dengan parfum, cat kuku, pembersih cat kuku).
Hindari terjadinya trauma (tersandung batu/meja).
Hindari manipulasi pada daerah kuku dan sekitarnya (manikur, menggunting sendiri daerah yang infeksi).
Ekstraksi kuku/pengangkatan kuku yang rusak dan terinfeksi serta pengeluaran nanah mungkin diperlukan jika infeksi yang terjadi cukup parah. Tindakan ini diperlukan agar infeksi tidak semakin meluas dan menyebar. Jika kuku Anda diangkat maka kuku biasanya akan tumbuh kembali dalam kurun waktu 6 bulan.

Untuk menentukan penyebab pastinya tentu diperlukan pemeriksaan untuk melihat langsung kelainan yang terjadi. Karena itu, kami sarankan agar Anda segera menemui dokter kulit untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar infeksi kuku. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar