Sukses

Perjalanan Jauh dan Kehamilan Muda

31 May 2017, 23:15 WIB
Wanita, 25 tahun.

Dokter, saya baru saja menikah 3 bulan yg lalu. Sekarang saya sedang hamil 7 minggu. Saya sering merasakan lemas, mual dan pusing. Saya tinggal di daerah yang jauh dari pusat kesehatan seperti rumah sakit. Untuk sampai ke rumah sakit saya harus menempuh perjalanan sekitar 2 jam dengan kondisi jalan yang sangat rusak. Sehingga sewaktu saya periksa ke bidan tidak bisa mengajurkan pemeriksaan ke dokter kandungan dengan alasan kondisi jalan yang rusak. Yang ingin saya tanyakan sebenarnya bagaimana jika saya ingin pergian melewati jalan yang rusak. Pertanyaan kedua, boleh atau tidak di usia kehamilan saya ini saya naik pesawat?

Terima kasih telah bertanya seputar Hamil Muda dan Perjalanan menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.

Apakah perjalanan yang akan Anda lalui rusak parah sehingga membahayakan Anda dalam perjalanan? JSepertinya tidak ada hubungan antara jalan yang rusak dengan keguguran.  Saran kami jika Anda ingin melakukan perjalanan jauh, kenali kemampuan diri Anda, jika Anda merasa sanggup maka bisa dilakukan, dan bila di perjalanan Anda merasa sangat lelah, ada gangguan di perut (kram atau perut terasa kencang), atau muncul flek segeralah istirahat. Namun bila Anda merasa tidak mampu dan cepat lelah sebaiknya tunda dulu perjalanan Anda. Tidak ada kegiatan atau aktivitas yang lebih penting dan berharga selain mempertahankan atau menjaga kehamilan agar dapat berlangsung dengan baik dan sehat.

Hal terpenting yang perlu dilakukan untuk memantau kondisi serta tumbuh kembang janin serta kesehatan ibu yang mengandunga adalah dengan rutin melakukan pemeriksaan kehamilan (Ante Natal Care) ke fasilitas kesehatan terdekat, agar dapat mendeteksi adanya penyulit dalam kehamilan serta dapat segera mengatasi masalah yang dihadapi dalam kehamilan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar