Sukses

Nyeri Kepala Belakang

31 May 2017, 21:40 WIB
Wanita, 24 tahun.

Malem dok, sy mau tanya..kadang saya sakit kepala daerah belakang dan terasa nyeri di leher belakang..mungkinkah karena faktor makanan seperti goreng2an yg menuju pd kolesterol?? Dan jg sering pusing ketika tidur dengan posisi bantal yg rendah.. Mohon dijawab ya dok.. Terimakasih 😊

dr. Jeannyfer HJ

Dijawab Oleh:

dr. Jeannyfer HJ

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com

Halo, kami memahami kekhawatiran Anda.

Keluhan sakit kepala ada berbagai macam tipe dan penyebabnya. Perlu diketahui bahwa sakit kepala umumnya tidak diketahui sebabnya (lebih kurang 90%). Umumnya sakit kepala dicetuskan oleh pola makan tidak teratur, kelelahan, kurang tidur, dsb. Sakit kepala yang tidak diketahui sebabnya ini disebut dengan sakit kepala primer, contohnya adalah migraine dan tension type headache, cluster headache. Sakit kepala yang sebabnya diketahui lebih sedikit (sakit kepala sekunder) dapat disebabkan oleh misalnya sakit gigi, demam, tumor otak, dll. 

Bila Anda mengalami keluhan-keluhan sakit kepala seperti tertindih benda berat dan melibatkan otot-otot leher maka kemungkinan Anda mengalami TTH (Tension Type Headache/Sakit Kepala Tipe Tension). Sakit kepala tipe ini seringkali disertai dengan adanya rasa sakit/kaku di bagian leher, yang dapat juga menjalar hingga ke punggung, mata atau otot-otot lainnya di tubuh.

Beberapa faktor dapat menjadi pemicu timbulnya TTH, antara lain :

  • Stress : biasanya sakit kepala timbul di siang atau sore hari setelah stress bekerja atau ujian
  • Gangguan tidur
  • Posisi tubuh yang salah saat bekerja
  • Waktu makan yang tidak teratur
  • Kelelahan mata
  • Penghentian konsumsi kafein
    dll 

TTH dapat diatasi dengan istirahat, pemijatan bagian belakang kepala dan leher, serta minum obat penghilang rasa sakit jika tidak tahan, seperti paracetamol atau asam mefenamat yang dijual bebas. Namun, penggunaan obat-obatan tersebut tidak akan banyak membantu jika anda tidak menghindari faktor pencetus terjadinya TTH pada diri Anda. Untuk mencegah berulangnya kejadian TTH pada diri Anda, Anda juga perlu menghindari faktor-faktor pencetus TTH pada diri anda. 50% penderita TTH mengalami kekambuhan penyakitnya akibat dipicu oleh rasa lapar atau stress. Bagaimana dengan diri Anda? Jika Anda perhatikan, faktor apa saja yang menjadi pemicu keluhan Anda untuk timbul? 

Beberapa gejala lain yang harus diwaspadai sebagai tingginya kolesterol adalah :

1. Rasa Berat di Tengkuk dan Pegal di Pundak
Hal ini karena suplai darah dan oksigen terhambat akibat penumpukan plak pada pembuluh darah

2. Sering Sakit Kepala

Karena adanya peningkatan kolesterol menjadikan arteriosklerosis (pengerasan pembuluh darah). Aliran darah yang mengalir ke otak terhambat

3. Cepat Mengantuk

Karena kolesterol menyempitkan pembuluh darah dan terkadang menutup pembuluh darah, aliran darah yang membawa oksigen ke otak terhambat sehingga seseorang cepat mengantuk. Jika Anda sering merasakan 3L yakni lemah, letih dan lesu, ada baiknya Anda segera memeriksa kadar kolesterol tubuh Anda.

 

4. Mudah Lelah

Orang yang mengalami kolesterol tinggi sistem vital tubuhnya terganggu sehingga mudah lelah. Apakah Anda sering bangun tidur dan terasa masih capek seharian? Jika Anda berusia di atas 30 tahun dan sering mengalami gejala ini segeralah periksa kesehatan Anda secara rinci.

5. Kesemutan

ini terjadi karena aliran darah menggumpal dan tidak lancar di bagian ektremitas, baik ekstremitas atas (tangan) maupun ekstremitas bawah (kaki).

6. Xanthelasma

Penderita kolesterol tinggi yang kronis juga menderita Xanthelasma (endapan kolesterol berbentuk noda kuning muda di tengah atau di ujung kelopak mata), xanthoma (benjolan padat pada tendon siku, tumit, atau lutut).

Tentu gejala di atas hanyalah pertanda yang perlu diperiksa secara medis untuk melihat hasil akuratnya. Tetapi bagi Anda yang merasa mengalami gejala di atas maka segera ubah pola hidup Anda menjadi lebih sehat.

Untuk memastikannya Anda perlu untuk melakukan pemeriksaan profil lemak Anda.

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam Sehat

0 Komentar

Belum ada komentar