Sukses

Sering Kesemutan

31 May 2017, 17:22 WIB
Pria, 19 tahun.

Dok saya mau bertanya, beberapa tahun lalu saya pernah mengalami kesemutan, mulai dari muka dan akhirnya merambat keseluruh badan sampai tangan dan saya kaku. Sejak saat itu sering kambuh, tp dalam waktu lama, kira-kira 1 tahun. Nah akhir-akhir ini kesemutan saya kambuh lagi, dan diikuti rasa gelisah. Sebenernya penyakit apa yang saya derita? Terima kasih.

Terima kasih Anda telah menggunakan fasilitas TanyaDokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Sebelumnya kami ingin menanyakan beberapa pertanyaan yang terkait dengan kondisi Anda, sejak kapan keluhan tersebut dialami? tepatnya bagian tubuh manakah yang mengalami kebas/kesemutan? Apakah ada keluhan lain yang menyertai seperti lemas, nyeri atau bengkak pada bagian tubuh terkait? Apakah aktivitas Anda sehari-hari? Apakah pernah mengalami trauma/cedera pada tangan yang mengalami keluhan? apakah Anda memiliki penyakit metabolik atau kronis seperti darah tinggi, diabetes melitus sebelumnya? Hal-hal tersebut perlu kami ketahui karena banyak hal yang dapat menyebabkan terjadinya kebas/kesemutan pada anggota badan.

Kesemutan atau parestesia dalam ilmu kedokteran, adalah sensasi pada permukaan tubuh tertentu yang tidak dipicu rangsangan dari dunia luar. Sensasi tersebut adalah sensasi rasa dingin atau panas di suatu bagian tubuh tertentu, atau sensasi rasa dirambati sesuatu. Parestesia itu timbul bila terjadi iritasi pada serabut saraf yang membawa sensasi kesemutan.

Kesemutan terjadi jika syaraf dan pembuluh darah mengalami tekanan, misalnya, saat duduk bersimpuh atau menekuk kaki terlalu lama, maka syaraf dan aliran darah terganggu. Selain itu frekuensi nafas yang cepat, serangan panik dan dehidrasi juga dapat menimbulkan kesemutan. Umumnya kesemutan akan mereda jika bagian tubuh yang mengalaminya digerakkan.

Struktur lain yang dapat menyebabkan terjadinya kesemutan adalah adanya gangguan pada saraf tepi, otot, sumsum tulang belakang, atau bahkan otak. Beberapa penyakit penyebab timbulya kesemutan diantaranya adalah diabetes melitus, Carpal Tunnel Syndrome, gangguan jantung, dan rematik.

Carpa Tunnel Syndrome adalah penyebab tersering gangguang syaraf pada tangan yang gejala utamnya adalah kesemutan dan nyeri, terutama pada 3 jari terluar (kelingking, jari manis, jari tengah). Pada diabetes melitus, kesemutan bisa terjadi akibat gangguan aliran darah ke pembuluh darah perifer(tepi). Sedangkan pada rematik, kesemutan umumnya disertai gejala nyeri serta kekakuan sendi, terutama sendi-sendi kecil.

Karena kurangnya data yang Anda paparkan serta keterbatasan kami untuk melakukan pemeriksaan fisik, maka kami tidak dapat menentukan diagnosis pasti dan penyebab keluhan Anda. Kami sarankan Anda untuk berkonsultasi ke Dokter Spesialis Saraf atau Spesialis Penyakit Dalam untuk melakukan pemeriksaan menyeluruh secara langsung dan juga pemeriksaan penunjang yang diperlukan untuk menegakkan diagnosis dan terapi yang tepat. Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga informasi ini bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar