Sukses

Pengobatan Wasir Yang Sudah Ada Benjolan

31 May 2017, 15:25 WIB
Wanita, 25 tahun.

Dok..sya mo tnya..bagaimna cara mengobati ambien atau wasir yg sudah ada benjolanya..trimakasih

Terima kasih telah bertanya seputar wasir melalui fitur Tanya Dokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Wasir/ambeien atau dalam bahasa medis disebut hemorrhoid merupakan pembengkakan dan peradangan pada pembuluh darah balik (vena) pada daerah rektum atau dubur/anus. Keadaan ini umumnya ditandai olehadanya benjolan di dubur. Berdasarkan atas asal benjolannya, hemorrhoid dapat dibedakan menjadi hemorrhoid internal dan hemorrhoid eksternal.

Hemorrhoid eksternal dapat terlihat dari luar tanpa menggunakan alat apa-apa, umumnya akan menimbulkan keluhan nyeri, dapat terjadi pembengkakan dan iritasi. Jika terjadi iritasi, gejala yang ditimbulkan adalah berupa gatal.

Hemorrhoid interna muncul didalam rektum, biasanya tidak nyeri. Perdarahan dapat timbul jika mengalami iritasi. Perdarahan yang terjadi bersifat menetes. Hemorrhoid interna dapat dikelompokkan menjadi :

  • Grade I: wasir tidak keluar dari rektum
  • Grade II: wasir prolaps (keluar dari rektum) pada saat mengedan, namun dapat masuk kembali secara spontan
  • Grade III: wasir prolaps saat mengedan, namun tidak dapat masuk kembali secara spontan, harus secara manual (didorong kembali dengan tangan)
  • Grade IV: wasir mengalami prolaps namun tidak dapat dimasukkan kembali

Bagaimana dengan keluhan Anda? apakah benjolan wasir tersebut dapat masuk secara spontan atau harus secara manual didorong kembali dengan tangan? pertanyaan ini bisa memberikan data mengenai kemungkinan derajat wasir yang Anda alami.

Hemorrhoid interna derajat I dan II masih dapat ditangani dengan terapi konservatif (diet tinggi serat, tidak mengedan, krim hemoroid). Coba konsumsi makanan yang tinggi serat agar buang air besar lebih lancar, hindari mengangkat beban berat, dan perbanyak minum air putih. Namun hemorrhoid interna derajat III dan IV serta hemorrhoid eksterna memerlukan tindakan bedah untuk penangannya.

Berikut adalah beberapa modifikasi gaya hidup yang dapat Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari:

  • Minum banyak air, makan makanan yang mengandung banyak serat (buah, sayuran, sereal, suplemen serat, dll) sekitar 20-25 gram sehari
  • Olahraga
  • Mengurangi mengedan
  • Menghindari penggunaan laksatif (perangsang buang air besar)
  • Membatasi mengedan sewaktu buang air besar.
  • Penggunaan celana dalam yang ketat dapat mencetuskan terjadinya wasir dan dapat mengiritasi wasir yang sudah ada.
  • Penggunaan jamban jongkok juga sebaiknya dihindari.

Sebaiknya Anda konsultasikan kondisi Anda ke dokter terdekat untuk mendapatkan obat, bila wasir sudah terasa sangat mengganggu dan nyeri. Obat-obatan yang diberikan bukan untuk menghilangkan wasir secara permanen, tetapi hanya untuk mencegah dan mengatasi gejalanya. Karena penggunaan obat-obatan yang tanpa dibarengi dengan modifikasi gaya hidup, tidak akan bermakna untuk mencegah timbulnya gejala. Apabila ada keluhan nyeri, biasanya Dokter akan memberikan anti nyeri yang diberikan dengan cara dimasukkan ke dalam anus, atau menggunakan krim anti nyeri serta obat minum. Hanya jika dengan perubahan gaya hidup, wasir tetap menimbulkan rangkaian gejala, maka tindakan operasi terpaksa harus dilakukan.

 

 Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai wasir. Semoga bermanfaat.

 

0 Komentar

Belum ada komentar