Sukses

Sering Pusing

31 May 2017, 15:25 WIB
Wanita, 17 tahun.

Dok, saya sering pusing, sampe gabisa bangun, ke klinik cuma vertigo, tapi sampe sekarang gak sembuh dok, udah coba testpack negatif dok

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terimakasih telah bertanya tentang Sering Pusing melalui fitur Tanya Dokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda dan keluarga.

Sudah berapa lama Anda mengalami keluhannya ? Seberapa sering vertigo Anda muncul ?

Apakah ada gangguan pendengaran ?

Vertigo didefinisikan sebagai rasa pusing berputar, sehingga sekeliling kita atau diri kita rasa berputar. Vertigo sendiri dapat dibedakan menjadi dua:

Vertigo sentral: gangguan pada saraf otak
Vertigo perifer: gangguan pada kanalis semisirkularis telinga, penyebab paling sering dari vertigo


Pada vertigo perifer, pencegahan yang terbaik adalah dengan mengatasi masalah pada organ keseimbangan tersebut, hal ini dapat dilakukan oleh dokter ahli telinga, hidung, dan tenggorokan (THT) atau oleh dokter spesialis syaraf. Dokter akan melakukan manuver-manuver yang berhubungan dengan posisi tubuh Anda (Hallpike maneuver) sehingga dapat mengurangi atau menyembuhkan vertigo. Bila sudah terlanjur terkena vertigo, pengobatan sederhana yang dapat menolong Anda adalah dengan mengkonsumsi obat-obatan, memejamkan mata, dan menjaga agar posisi kepala tidak bergerak.

Sudahkah Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis THT atau syaraf?

Kami menyarankan Anda berobat ke dokter untuk menentukan jenis vertigo pada Anda: vertigo perifer atau sentral. Vertigo sentral melibatkan saraf otak oleh karena itu harus segera ditangani.

Kami tidak dapat meresepkan obat karena perlu dipastikan terlebih dahulu apakah Anda memang vertigo atau bukan, jika iya perlu dipastikan juga jenis vertigonya.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Sering Pusing. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar