Sukses

Bugar Selama Puasa

31 May 2017, 13:43 WIB
Pria, 21 tahun.

Pagi dok..... Saya mau tanya. Ketika puasa tubuh terasa biasa, ketika ada niatan untuk membatalkan puasa, tapi tidak jadi dan melanjutkan puasa. Kok rasanya tubuh menjadi sangat lemas. Mungkin ada penjelasan medis mengenai hal itu. Terimakasih

Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih telah bertanya tentang Bugar Selama Puasa melalui fitur Tanya Dokter.

Rasa lemas yang anda rasakan bisa jadi merupakan efek psikis yang timbul akibat mindset yang sudah berniat untuk berbuka puasa. Kenyataannya, apa yang kita pikirkan dapat memicu pelepasan berbagai senyawa kimia tubuh, termasuk yang memicu lemas dan rasa lapar. Untuk menjaga tubuh tetap bugar selama berpuasa, berikut tip nya :

  • Perbanyak serat dan Protein saat Sahur
    Makanan yang Anda konsumsi saat sahur sangat penting oleh karena makanan saat sahur merupakan makanan terakhir yang dikonsumsi oleh kita untuk satu harinya. Sangatlah penting agar makanan yang Anda konsumsi saat sahur mengandung protein tinggi seperti telur, keju, yogurt dan kacang-kacangan. Juga konsumsilah makanan yang tinggi akan serat seperti buah, sayuran, dan gandum. Makanan seperti ini bisa menjaga energi Anda hingga berbuka puasa.
  • Mengendalikan Pola Makan
    Berikut beberapa kiat pengendalian pola makan yang dapat dilakukan selama bulan puasa:
    Setelah lama berpuasa, maka saat berbuka puasa dapat muncul keinginan untuk mengkonsumsi hampir seluruh makanan di meja makan terutama makanan dengan kalori tinggi seperti kue tart ataupun es krim. Oleh karena itu, cobalah hentikan kebiasaan tersebut.
    Saat berbuka puasa coba konsumsi dahulu sup sayur atau salad. Makan malam Anda harus ada kandungan protein, gandum dan sayur. Terutama saat Ramadan jangan konsumsi makanan dengan kalori kosong dan makanan siap saji. Makanan dengan kalori kosong dapat membuat Anda cepat lapar dan lemas.
  • Jaga Kebutuhan Cairan Tubuh
    Selama Anda puasa coba usahakan agar Anda lebih sering di ruangan yang sejuk serta hindari olahraga berlebihan. Mengkonsumsi buah saat sahur juga merupakan ide yang sangat baik oleh karena kandungan airnya bisa menjaga hidrasi tubuh selama sehari. Janganlah konumsi air yang terlalu banyak dalam satu kesempatan dan konsumsilah air secara bertahap. Hindari juga kopi, teh dan soda. Anda bisa mencoba membuat jus buah dan sayur yang dicampur air saat berbuka dan sahur.
  • Sesuaikan Puasa dengan Kondisi Fisik Anda
    Sebelum mulai berpuasa, bagi Anda yang menderita diabetes, wanita hamil, serta usia lanjut harap konsultasi dahulu dengan dokter Anda agar dapat dilakukan pemeriksaan terhadap tubuh Anda. Sangatlah penting apabila muncul keluhan medis, Anda dapat menghentikan puasa dan cepat lakukan pemeriksaan ke dokter.

Coba jalani tips tersebut dan selamat berpuasa!

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan terkait Bugar Selama Puasa. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar