Sukses

Sulit Memperoleh Kehamilan

31 May 2017, 13:44 WIB
Pria, 36 tahun.

Hallo dok saya mau tanya.apakah wanita bisa hamil jka siwanita ga pernah merasa orgasme.. Trus sipria keluar spermanya sedikit dan sering tumpah spermanya.makasih dok atas jawabannya.saya pengen banget punya ank dah 11 th menikah.

dr. Rio Aditya

Dijawab Oleh:

dr. Rio Aditya

Terima kasih telah bertanya seputar sulit hamil melalui fitur Tanya Dokter.

Orgasme tidak mempengaruhi kehamilan pada seorang wanita, begitu pula dengan cairan ejakulasi yang keluar dari vagina setelah berhubungan. Keluarnya sperma dari vagina setelah berhubungan seksual bisa saja terjadi dan wajar karena tidak seluruhnya dapat masuk ke dalam rahim.

Kesulitan mendapatkan keturunan yang sudah terjadi lebih dari 1 tahun, termasuk dalam kategori infertilitas atau gangguan kesuburan.

Penyebab infertilitas dapat disebabkan oleh laki-laki maupun wanita. Penyebab infertilitas pada laki-laki secara garis besar dapat dibedakan menjadi 2, yaitu :
   1. Kondisi dimana jumlah, bentuk, dan pergerakan sperma menjadi buruk (varikokel, paparan toksin dan bahan kimia, paparan radiasi)

  2. Kondisi dimana sperma tidak dapat dikeluarkan (ejakulasi dini, sumbatan saluran semen)

Penyebab infertilitas pada wanita dapat disebabkan oleh :
  1. Kelainan ovulasi (produksi sel telur)
  2. Kelainan rahim (kanker, endometriosis, mioma, perlekatan rahim ke organ dalam perut)
  3. Sumbatan saluran telur

Pemeriksaan penyebab infertilitas pada sebuah pasangan dilakukan oleh kedua pihak baik pria dan wanita. Untuk menentukan penyebab infertilitas pria dapat dilakukan dengan pemeriksaan analisa sperma. Sedangkan untuk menentukan penyebab infertilitas wanita dapat dilakukan antara lain dengan USG, HSG (Histerosalpingografi) untuk menentukan ada tidaknya sumbatan saluran telur, analisa hormon, dan laparoskopi (teknik melihat ke dalam perut tanpa tindakan pembedahan besar).

Kami sarankan agar anda berkonsultasi dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan, dan dokter spesialis andrologi untuk memeriksa suami anda. Selain itu bergaya hidup sehat dapat memperbaiki metabolisme tubuh Anda, seperti olahraga teratur, makan makanan sehat, tidak merokok,serta tidak mengkonsumsi alkohol.


Demikian informasi yang bisa disampaikan seputar sulit hamil, Semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar