Sukses

Paru-Paru Basah

31 May 2017, 11:45 WIB
Pria, 15 tahun.

Selamat siang dok ,nama saya : Amal,saya sudah lama menderita penyakit paru2 basah tapi sudah dibawa rumah sakit,berapa lama saya kembali pulih lagi dok? Terima kasih

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terimakasih telah bertanya tentang Paru-Paru Basah melalui fitur Tanya Dokter.

Paru-paru basah merupakan istilah awam yang digunakan untuk menggambarkan suatu komplikasi tuberkulosis (TBC) pada selaput paru/pleura.Tuberkulosis atau TBC adalah suatu penyakit infeksi yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis. Penyakit ini dapat menular melalui droplet mengandung kuman tuberkulosis, yang dikeluarkan oleh penderita tuberkulosis ke udara terutama saat batuk dan bersin. Kuman dalam droplet ini dapat bertahan pada suhu 25°-30° Celcius, dan akan menginfeksi siapapun yang menghirupnya. Untuk mencegah komplikasi ini, maka daya tahan tubuh harus baik serta bila terdapat memang terdapat tuberkulosis paru harus ditangani sedini mungkin hingga tuntas.

Apabila pengobatan tidak tuntas, TBC dapat kambuh kembali dan bahkan menyerang organ lain termasuk selaput paru yang mengakibatkan akumulasi cairan di selaput paru (paru-paru basah). Pengobatan pada umumnya memakan waktu sekitar 6 bulan. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Paru-Paru Basah. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar