Sukses

Suara Tiba-Tiba Hilang Tanpa Sakit Tenggorokan, Kenapa?

31 May 2017, 11:33 WIB
Pria, 45 tahun.

Sdh 4 hari suara sy tiba2 hilang, tanpa rasa sakit ditenggorokan, cm klw batuk susah, jenis penyakit apa ya dok , berbahaya tdk

Terima kasih telah bertanya seputar suara hilang, tanpa sakit tenggorokan melalui fitur Tanya Dokter. Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. 

Sejak kapan keluhan tersebut dirasakan? Apakah suara total hilang atau masih dapat mengeluarkan suara serak? Apakah sebelumnya Anda sudah pernah memeriksakan diri ke dokter? apakah ada keluhan lainnya seperti demam, batuk, pilek, dan lainnya?

Diperlukan pemeriksaan fisik dan penunjang untuk mengetahui faktor penyebab suara hilang mendadak tersebut. Kelelahan bersuara merupakan adaptasi negatif pembentukan suara pada orang-orang yang sering menggunakan suara dalam jangka waktu lama tanpa kelainan patologis pada laring. Kelainan yang dapat terjadi bisa karena infeksi laring atau laringitis, kenaikan asam lambung, dll. Kelelahan bersuara biasanya ditandai dengan perubahan kualitas suara, rasa tidak nyaman saat bersuara, dan adanya keterbatasan penggunaan suara. Karenanya, suara yang lelah biasanya akan terdengar serak atau parau.

Penyebab utama kelelahan bersuara adalah penggunaan suara yang berlebihan, berbicara di lingkungan yang bising, dan faktor stres. Berbicara dengan suara yang keras dapat meningkatkan frekuensi vibrasi pita suara yang apabila berlangsung terus-menerus dapat mengakibatkan kekakuan pada pita suara.

Untuk mengatasi suara yang serak, Anda bisa melakukan hal-hal berikut ini:

  • Menghindari berbicara terlalu keras dalam jangka waktu yang lama. Bila berbicara di ruangan yang besar atau di antara banyak orang lebih baik menggunakan mikrofon dan tidak berteriak.
  • Menghidrasi pita suara dengan minum banyak cairan untuk menghindari dehidrasi. Selain itu jauhi kafein, alkohol, dan minuman berkarbonasi.
  • Melembapkan tenggorokan dengan menghirup udara hangat, berkumur dengan air garam, atau mengunyah permen pelega tenggorokan.
  • Menghindari obat-obatan yang mengandung dekongestan karena dapat menyebabkan tenggorokan menjadi kering.
  • Menjaga kebersihan mulut seperti menggosok gigi, menyisir gigi dengan benang gigi, dan membilas gigi dengan obat kumur. Cara-cara tersebut, selain mengurangi serak, akan melepaskan bakteri

Bila keluhan semakin mengganggu, sebaiknya konsultasikan kondisi Anda ke dokter spesialis THT.

Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai suara hilang, tanpa sakit tenggorokan. Semoga bermanfaat. Salam sehat.

0 Komentar

Belum ada komentar