Sukses

Mengatasi Mag

29 May 2017, 21:44 WIB
Pria, 22 tahun.

DOK SAYA mau tanya mengenai saya sering sakit tepatnya di uluh hati hingga sampai belakang punggung. pernah saya periksakan itu karena mag kronis. namun ada yg bilang jika mag kenapa hanya kumat ketika dingin saja dan sudah lama tdk kambuh kmren ktika shbis buka puasa kambuh dan hingga saur tetapmasih sakit . rasanya seperti sesak sekali di dada dan nyeri hingga untuk tiduran masih tetap sakit. mintak saranya ya dok gmna

Terima kasih telah bertanya mengenai mengatasi mag melalui fitur Tanya Dokter
Halo,

Bagi Anda yang sering mengalami keluhan mag, memilih makanan yang sesuai untuk dikonsumsi dapat menjadi sebuah tantangan tersendiri. Bagi penderita mag, Anda dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang lebih sering dengan porsi yang lebih kecil atau sedikit. Di samping itu, Anda hendaknya tidak menunda waktu makan karena produksi asam pada lambung yang tidak terisi dapat menyebabkan iritasi pada sel-sel lambung.

Penderita sakit mag juga dianjurkan untuk menghindari makanan-makanan yang dapat mencetuskan keluhan. Beberapa jenis makanan tertentu akan memperlama pengosongan lambung dan memproduksi asam lambung dalam jumlah yang lebih banyak, yakni:

  • Cokelat.
  • Gorengan.
  • Makanan yang bersifat pedas, seperti cabai, merica, paprika.
  • Makanan yang memproduksi gas setelah dikonsumsi, seperti sawi, kol, kubis, nangka.
  • Selain itu, Anda juga perlu memodifikasi pola hidup sehari-hari guna mencegah timbulnya keluhan mag di saat menjalani program diet, seperti menghindari rokok.

Rokok merupakan salah satu penyebab produksi asam dan gas dalam lambung menjadi berlebihan. Kebiasaan merokok yang dapat meningkatkan sekresi asam lambung ini dapat mengakibatkan timbulnya atau bertambah beratnya keluhan mag yang terjadi.

Lalu, bila Anda merasa keluhan tetap mengganggu, kami menyarankan agar Anda berkonsultasi dengan dokter secara langsung guna dilakukan wawancara medis yang mendetil dan pemeriksaan fisis secara langsung untuk menentukan diagnosis dan penanganan yang paling tepat bagi Anda.

Berikut beberapa artikel yang membahas keluhan anda:

Dispepsia

GERD

4 Tips Puasa Penderita Maag

Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai mengatasi mag . Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar