Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

21 Tahun

LanjutkanStop Disini

Pemeriksaan Test Pack

31 May 2017, 01:17 WIB
Wanita, 23 tahun.

Dok saya bln ini blm mndpt kn menstruasi .biasanya saya dpt skitar tgl 25 .ktika saya ceck pke tes pack hasil ny positif Dsini yg saya bngungkn ko bisa positif... Sedang kan selama berhubungan dngan pasangan tdak pernah mngluarkan sperma, di dalam Pertanyaanya... Apakah saya bner2 positif hamil??

Terima kasih sudah bertanya seputar penggunaan test pack menggunakan fitur tanya dokter di Klikdokter.

Salah satu penyebab terlambat haid adalah kehamilan. Pemeriksaan test pack didasarkan pada cara kerja mendeteksi marker kimiawi dalam tubuh, yang disebut human chorionic gonadotropin (hCG). Tidak dipengaruhi oleh waktu pemeriksaan (pagi/siang/sore/malam). Test pack dapat mendeteksi kehamilan dengan tingkat keakuratan mencapai 99%. Bahkan garis tipis saja sudah menunjukkan hasil yang positif. Namun, masih mungkin terjadi hasil negatif ataupun positif palsu.

Beberapa penyebab terjadinya hasil negatif palsu adalah akibat kesalahan teknik pemeriksaan, terlalu lama mencelupkan strip, atau apabila kadar hormon B-hCG dalam urin belum mencukupi. Masih ada kemungkinan muncul hasil yang negatif akibat masih rendahnya kadar hormon yang ada. Dalam keadaan tersebut, ulang pemeriksaan 1 - 2 minggu kemudian, atau langsung melakukan pemeriksaan kadar hormon B-hCG dalam darah untuk hasil yang lebih akurat, jika memang masih belum menstruasi.

Kehamilan dapat diperiksa dengan test pack 1 hari setelah haid terlambat, meskipun terkadang masih mungkin belum dapat terdeteksi karena kadar hormon kehamilan yang diperiksakan masih rendah. Bila hasilnya agak meragukan (belum terdeteksi), Anda dapat mencoba test pack ulang minggu depan atau 2 minggu lagi, bila haid tidak juga datang.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

Tim Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar