Sukses

Berat Badan Anak Menurun

31 May 2017, 00:49 WIB
Wanita, 24 tahun.

Selamat siang dok, saya mau bertanya anak saya umur 5 bulan lewat seminggu berat badannya turun 4 ons. Padahal mengkonsumsi ASI, mengapa bisa turun ya dok BBnya ?apakah berpengaruh buat tumbuh kembangnya ?sejauh ini anak saya masih keliatan aktif & sehat. Terus sejak lahir dadanya cekung kedalam saat menarik nafas. Sempat di rawat diruang NICU karena kurang oksigen. Mohon penjelasannya dok, tks

dr. Rio Aditya

Dijawab Oleh:

dr. Rio Aditya

Terima kasih telah bertanya seputar berat badan anak turun melalui fitur Tanya Dokter

Sebelumnya kami perlu mengetahui beberapa hal seperti apakah bayi anda lahir prematur? Apakah sedang terjadi gangguan pencernaan seperti diare? Apakah ada gejala lainnya? Beberapa hal ini berhubungan dengan penyebab berat badan yang turun pada anak anda.

Pada usia 1-3 bulan, kenaikan berat badan normal sekitar 200 gram per minggu. Lalu pada usia 4-6 bulan, berat badan bayi akan naik 500-600 gram per bulan. Memasuki usia 7-9 bulan, kenaikan berat badan bayi ideal 350-450 gram per bulan pada usia 10-12 bulan. Apabila tidak mengalami kenaikan walaupun frekuensi pemberian ASI sudah ditambah, dan tidak ada gejala-gejala lainnya, kami sarankan untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis anak, karena ada riwayat masuk NICU ketika lahir, ditakutkan ada gangguan metabolisme pada anak anda.

 

Demikian informasi yang dapat disampaikan seputar berat badan anak turun, Semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar