Sukses

Nyeri kaki

30 May 2017, 16:40 WIB
Pria, 19 tahun.

Dok saya bertanya untuk kakek saya. Kakek saya berusia 82 tahun, mempunyai keluhan di kaki sebelah kiri. Keluhannya nyeri dan sakit jika dibuat jalan terlalu lama. Beberapa hari yang lalu beliau ke dokter dan diperiksa dengan melalui test lab lagi. Hasilnya asam urat dan kolesterolnya normal. Kata dokternya masalah ada di otot. Kemudian beliau di sinar tanpa didampingi dokter tersebut. Ketika beliau merasa panas masih ditahan dan baru memanggil dokter saat tidak tahan lagi. Malam hari kakinya yg disinar memerah sebagian dan sekarang menjadi hitam, di pinggir masih merah serta seperti ada nanah. Beliau mendapat resep obat dan sudah habis. Selama beberapa hari ini beliau memakaikan salep bioplacenton. Menurut dokter ini disebabkan apa dan bagaimana solusinya. Nanti saya dan ibu akan mengantar kakek saya ke dokter tersebut dan menanyakan lebih lanjut. Terimakasih sebelumnya dok.

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terimakasih telah bertanya tentang Nyeri kaki melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan saat ini. Nyeri pada kaki merupakan kondisi yang umum ditemui. Penyebabnya pun beragam, yaitu:

Tarikan dan regangan otot
Kutil kaki
Artritis gout (akibat asam urat yang tinggi)
Terdapat tonjolan pada tulang-tulang kaki
Pertumbuhan kuku kaki ke arah dalam kulit
Plantar fasciitis (nyeri pada tumit)
Nyeri/radang sendi
Cedera tendon Achilles (pergelangan kaki)
Kaki bengkak
Riwayat trauma/cedera kaki/patah tulang

Karena keterbatasan informasi dan lokasi nyeri (persisnya di bagian mana kaki dan apakah terlihat kemerahan atau bengkak), kami sulit menentukan penyebabnya. Kami sarankan agar ibu Anda berkonsultasi langsung dengan dokter.

Untuk sementara nyeri yang timbul dapat kakek Anda atasi dengan meminum obat anti nyeri seperti ibuprofen atau parasetamol. Selain itu, bisa juga dibantu dengan kompres hangat atau rendam kaki di air hangat untuk mengurangi nyeri dan melancarkan aliran darah. Perhatikan pula hal-hal apa yang memicu maupun mengurangi nyeri.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Nyeri kaki. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar