Sukses

Benjolan di Atas Vagina

30 May 2017, 15:00 WIB
Wanita, 26 tahun.

Allo dok. Aq mau nanya 3 hari blakangan ini ada sesuatu seperti benjolan yg timbul di bagian atas daerah kewanitaanku. Aq khawatir dan susah tidur karena sering mikirin ini. Tolong jelasin dok apakah itu benjolan biasa atau apa...??

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terimakasih telah bertanya tentang Benjolan di Atas Vagina melalui fitur Tanya Dokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda dan keluarga.

Sebelumnya perlu kami tanyakan keluhan lain yang Anda alami. Apakah terdapat nyeri? Berapa jumlah benjolan yang timbul? Di mana tepatnya letak benjolan tersebut?

Berikut ini beberapa penyakit yang dapat menyebabkan benjolan pada bibir vagina:

Furunkel dan folikulitis : bisul yang timbul akibat radang atau infeksi di daerah folikel rambut.

Kista Bartholin/abses kelenjar Bartholin. Kista ini berasal dari kelenjar bartholin yang tersumbat. Setiap wanita memiliki sepasang kelenjar bartholin pada bibir vagina. Kelenjar yang tersumbat menyebabkan munculnya benjolan (kista) dan dapat pula terinfeksi sehingga meradang. Bila sudah radang, maka benjolan akan menjadi nyeri, kemerahan, dan hangat. Bila terdapat nanah kemungkinan sudah menjadi abses/bisul.

Fibroma: tumor jinak yang berasal dari jaringan ikat pada bibir vagina

Lipoma: tumor jinak yang berasal dari jaringan lemak.

Sarkoma: tumor ganas yang berasal dari jaringan ikat.

Adenocarcinoma Bartholin: tumor ganas dari kelenjar Bartholin

Untuk mengetahui lebih jelas diagnosis untuk keluhan Anda, kami sarankan agar Anda berkonsultasi kepada dokter kulit kelamin. Diagnosis pasti hanya dapat ditegakkan dengan melakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang jika dibutuhkan. Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan pengobatan yang sesuai.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Benjolan di Atas Vagina. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar