Sukses

Tinggi Badan

30 May 2017, 14:55 WIB
Wanita, 17 tahun.

Selamat siang dok,sy ingin menanyakan solat pertinggian. Jd gini,ayah sy tinggi nya sekitar 180cm,ibu sy tinggi 150cm. Diumur sy yg masih muda,sy pernah melakukan sexs,apakah itu menyebabkan pertumbuhan sy berhenti?

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terimakasih telah bertanya tentang Tinggi Badan melalui fitur Tanya Dokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda dan keluarga.

Sekilas kami akan membahas mengenai pertumbuhan tinggi badan. Tinggi badan seseorang dipengaruhi oleh beberapa hal, yaitu genetik (keturunan), gizi, dan lingkungan. Genetik dalam hal ini adalah tinggi badan kedua orangtua.

Rumus memperkirakan tinggi anak berdasarkan tinggi orangtuanya adalah :

Anak laki-laki= (Tinggi Ibu + 13) + Tinggi Ayah (dalam cm) dibagi 2 ± 8,5 cm

Anak perempuan = (Tinggi Ayah - 13) + Tinggi Ibu (dalam cm) dibagi 2 ± 8,5 cm

Dari faktor gizi yang diperlukan tentu saja protein untuk pertumbuhan dan perbaikan sel yang diikuti oleh gizi seimbang dari sumber lainnya. Sedangkan lingkungan dalam hal ini berarti adalah olahraga untuk melancarkan aliran darah dan membantu metabolisme agar berjalan dengan baik (seperti berenang, berlari, dan jenis aerobik).

Namun perlu diketahui bahwa penambahan tinggi badan dapat dilakukan apabila lempeng pertumbuhan yang terdapat di tulang panjang masih terbuka. Lempeng tersebut terbuka pada saat usia pubertas dan akan menutup pada usia 20-21 tahun. Di usia Anda 17 tahun masih sangat mungkin untuk bertambah tinggi dan tinggi badan tidak ada hubungannya dengan otot betis yang mengeras. Selain itu tidak ada hubungannya antara pernah melakukan hubungan seks di usia muda dengan tinggi badan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Tinggi Badan. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar