Sukses

KB suntik dan Gangguan Haid

30 May 2017, 14:11 WIB
Pria, 22 tahun.

selamat pagi dok, saya mau menanyakan .. saya melakukan suntik KB pertama saya ... paktu di tengah2 bulan saya sempat telat bulan 2 minggu .. setelah itu saya menstruasi .. namun tdak seperti biasanya. yg biasanya lancar ini namun lebih sedikit dan lebih kental dr biasanya .. setelah saya bersih menstruasi waktunya saya kembali lakukan suntuk kB ke 2.. namun disarankan untuk pakai pil KB .. PERTANYAAN SAYA : 1. setiap setelah mminum pil KB kenapa badan saya terasa lemas dan tak bertenaga sampaii pagi bhkan siang hari .. 2. beberapa hari ini saya kelua darah menstruasi lagi hanya saja sedikit ..kadang keluar kadang tidak ... apa solusi dan pendapatnya... untuk sebelunya terimakasih dok.. ditunggu jawabannya ..

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terimakasih telah bertanya tentang KB suntik dan Gangguan Haid melalui fitur Tanya Dokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda dan keluarga.

Salah satu efek samping dari KB suntik yang tergolong sebagai KB hormonal adalah perdarahan yang tidak teratur, mulai dari perdarahan bercak atau flek hingga perdarahan yang berkepanjangan, bahkan 70% pengguna KB suntik tidak mengalami siklus menstruasi. Setiap individu memiliki efek respon yang berbeda-beda dalam penerimaan hormon ini. Kontrasepsi suntikan yang diberikan dengan injeksi secara intramuskular setiap bulan adalah kontrasepsi suntikan estrogen-progesteron, mengandung 25 mg depo medroxyprogesteron asetat dan 5 mg estradiol cypionat.

Penggunaan KB suntik yang tidak teratur juga memang dapat menyebabkan gangguan pada siklus haid. Bila Anda tidak nyaman dengan penggunaan KB yang saat ini digunakan maka Anda dapat mengganti metode kontrasepsinya. Pergantian kontrasepsi tentu saja dapat dilakukan jika memang diperlukan, misalkan karena efek samping yang kurang dapat diatasi. Diskusikanlah dengan dokter Anda mengenai pilihan KB yang paling sesuai bagi Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang KB suntik dan Gangguan Haid. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar