Sukses

Puting Luka Saat Menyusui

30 May 2017, 11:43 WIB
Wanita, 24 tahun.

Dok saya mengalami luka di puting sisi atas dan bawah. Bentuknya seperti tersayat. Tidak terlalu sakit untuk menyusui namun sakit dan kadang berdarah saat memompa asi. Bagaimana cara cepat menyembuhkannya karena saya harus selalu memompa asi sebelum kembali bekerja dan saat bekerja nanti? Sudah coba saya perah dengan tangan tapi lama dan hasilnya tidak semaksimal di pompa.

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terimakasih telah bertanya tentang Puting Luka Saat Menyusui melalui fitur Tanya Dokter.

Salah satu penyebab dari puting luka saat menyusui adalah tidak sempurnanya perlekatan antara mulut bayi dengan puting ibu. Lecet yang terdapat pada puting dapat menyebabkan infeksi pada payudara ibu karena masuknya kuman yang terdapat pada mulut dan hidung bayi ke dalam payudara melalui puting yang lecet dan retak tersebut. Bila terjadi infeksi, dapat timbul gejala seperti puting tampak bengkak, kemerahan, terasa nyeri, dan timbul demam.

Untuk mencegah infeksi pada puting lecet, ikuti langkah berikut ini:

Biasakanlah untuk menjaga kebersihan daerah puting payudara Anda. Bersihkan puting sebelum dan usai menyusui.
Jangan menghentikan pemberian ASI pada bayi Anda jika terjadi puting lecet, karena tidak keluarnya ASI dapat memperparah peradangan yang terjadi.
Bila sudah terjadi infeksi pada puting yang lecet tersebut, segera kunjungi dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk mendapatkan pengobatan segera. Untuk mengatasi infeksi dapat diberikan antibiotik. Antibiotik yang diberikan dapat berupa tablet minum maupun salep antibiotik yang akan dioleskan ke puting ibu saat tidak menyusui.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Puting Luka Saat Menyusui. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar