Sukses

Vagina berbau setelah menggugurkan kandungan

30 May 2017, 11:19 WIB
Wanita, 20 tahun.

Dok saya pernah hamil usia kandungan saya berumur 8 minggu, krna urusan kerja saya jdi menggugurkan kandungan saya menggunakan obat, dan sampai sekarang sudah 1 bln belum berhenti. Dan darahnya skrg coklat dan berbau seperti bau ikan, dan lagi krna pemakaian softex terlalu lama vaginaku menjadi lecet dan jika mau duduk terasa perih. Apa ada masalah dengan vaginaku dok? Saya takut kedokter kandungan atau bidan.

dr. Aldo Ferly

Dijawab Oleh:

dr. Aldo Ferly

Terima kasih telah bertanya seputar vagina Anda melalui fitur Tanya Dokter.

Apakah Anda pernah menjalani proses kuretase setelah menggugurkan kandungan atau hanya mendapat obat saja? Jika dokter menyatakan rahim Anda sudah bersih dari sisa jaringan konsespsi, maka kemungkinan vagina berbau dan masalah yang anda laami ini bukan akibat riwayat keguguran. Perdarahan tersebut bisa disebabkan oleh menstruasi atau kelainan yang lain.

Umumnya seorang perempuan akan mulai berovulasi dan menstruasi 2 - 3 minggu setelah tindakan kuretase, sehingga sebetulnya dapat segera hamil (tidak ada hubungan tindakan kuretase dengan kesuburan).
Sekitar 10-15% dari kehamilan akan mengalami keguguran oleh berbagai sebab. Sebab yang paling sering (sekitar 60%) adalah adanya kelainan kromosom berat pada embrio (atau janin) sehingga embrio tersebut tidak dapat berkembang normal dan akhirnya akan gugur. Faktor ini tidak ada tindakan pencegahannya.
Sebenarnya Anda tidak perlu terlalu khawatir mengenai siklus haid yang terkadang suka terlambat atau maju 3-7 hari karena lamanya siklus haid memang dapat berbeda-beda dan hal ini dipengaruhi oleh sistem hormon di dalam tubuh. Normalnya siklus haid seorang wanita berlangsung setiap 21-35 hari selama 3-7 hari dengan jumlah perdarahan yang keluar berkisar antara 20-60 ml/hari.
Untuk nyeri perut, banyak sekali penyebab nyeri perut, seperti gangguan pencernaan, gangguan sistem reproduksi, atau gangguan saluran kencing. Keguguran dan prosedur seperti kuretase memiliki risiko menyebabkan infeksi, maka dari itu dokter memberikan antibiotik untuk mencegah atau mengobati infeksi. Dimana lokasi pasti nyeri perut tersebut? Bagaimana gambaran rasa sakitnya (apakah nyeri tajam atau nyeri tumpul?) Adakah keluhan menyangkut BAK (buang air kecil)? Apakah terdapat keluhan demam, mual/muntah, atau keluar cairan berbau dari vagina?

Sulit untuk menentukan diagnosis kondisi kesehatan Anda saat ini dengan informasi yang terbatas. Dan diperlukan pemeriksaan fisik dan juga pemeriksaan penunjang yang diperlukan untuk menentukan diagnosis Anda. Oleh sebab itu, jika keluhan tersebut semakin mengganggu, kami sarankan Anda mengunjungi dokter agar dapat memperoleh penanganan yang sesuai dengan penyebab.

Demikian informasi yang dapat disampaikan seputar maslah agina ANda. Semoga bermanfaat.
Salam sehat,

    0 Komentar

    Belum ada komentar