Sukses

Kualitas Sperma dan Kehamilan

30 May 2017, 01:36 WIB
Wanita, 40 tahun.

Dok saya pria usia 40 thn, apakah berpengaruh pada kualitas sperma atau ada hal lain yang menghambat istri saya untuk hamil, sebab sudah kurang lebih 6 bulan ini masa siklus istri sy 28 hari tp sampai skrg blm hami jg..mohon pencerahan nya dok. Thanks

Terima kasih telah bertanya tentang kualitas sperma dan kehamilan melalui fitur Tanya Dokter. 

Kami memahami kekhawatiran Anda. Kualitas sperma dipengaruhi oleh beberapa faktor pada pria seperti usia, makanan dengan gizi kurang adekuat, stress, obesitas, obat-obat, merokok, pestisida yang terdapat dalam makanan. Untuk mengetahui apakah seseorang subur atau tidak dapat dilakukan analisis semen untuk menilai kualitas serta kuantitas sperma pada kasus infertilitas (ketidaksuburan) pria.

Usaha-usaha yang dapat Anda lakukan dalam memperoleh keturunan diantaranya adalah dengan melakukan hubungan seksual di sekitar masa subur istri Anda. Masa subur adalah masa dimana telah terjadi ovulasi (pelepasan sel telur matang dari indung telur). Untuk mengetahui kapan masa subur, Anda harus mengetahui berapa rata-rata siklus haid dari 3-6 siklus haid terakhir. Jika siklus menstruasi anda berlangsung teratur selama 27-28 hari, maka waktu terjadinya ovulasi anda adalah perkiraan Hari Pertama Haid Berikutnya dikurangi 14 hari. Lakukanlah hubungan seksual terutama pada 3 hari sebelum waktu ovulasi hingga 3 hari setelah terjadinya ovulasi. Kemungkinan terjadinya pembuahan akan lebih tinggi jika anda melakukan hubungan seksual pada masa-masa itu. Kemudian Anda dan pasangan juga perlu melakukan hubungan seksual yang teratur 2-3 x/minggu.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai kualitas sperma dan kehamilan. Semoga bermanfaat. Salam. 

0 Komentar

Belum ada komentar