Sukses

Tenggorokan Gatal dan Berdahak

30 May 2017, 00:58 WIB
Pria, 29 tahun.

slmt siang dok, saya ingin bertanya. sy sepertinya mengalami infeksi pernafasan akibat bakteri, dengan gejala: dada bagian nyeri dan seperti terasa dingin, tenggorokan gatal dan ketika makan atau mengunyah permen rasa gatal menghilang sejenak. dahak susah keluar dengan sifat dahak : berwarna putih, sedikit berbusa dan sangat lengket, sesekali berwarna kuning. sesekali dahak langsung keluar tanpa terhalang mulut. ini sakit apa y dok? dan apa yang harus saya lakukan?

Terima kasih telah bertanya tentang tenggorokan gatal dan berdahak melalui fitur Tanya Dokter. 

Apakah terdapat keluhan lain seperti demam, pilek, nyeri menelan, dan lainnya? Apakah Anda pernah berobat ke dokter sebelumnya? Rasa kering di tenggorokan atau mulut dapat disebabkan oleh beberapa hal, di antaranya dehidrasi, penggunaan obat-obat tertentu, defisiensi vitamin. Bila disertai rasa gatal dan terdapat dahak yang keluar, dapat disebabkan oleh infeksi, alergi, iritasi, dan sebagainya.

Untuk menegakkan diagnosis dan pengobatannya, diperlukan wawancara medis lengkap, pemeriksaan fisik, dan penunjang oleh dokter. Kami menyarankan Anda untuk memeriksakan diri ke dokter spesialis THT agar memperoleh pengobatan optimal.

Sementara itu, beberapa hal yang dapat Anda lakukan antara lain: minum air putih dalam jumlah yang cukup setiap harinya, hindari rokok, atau minum air hangat yang dicampur dengan madu atau lemon.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai tenggorokan gatal dan berdahak. Semoga bermanfaat. Salam. 

0 Komentar

Belum ada komentar