Sukses

Nyeri Haid

29 May 2017, 20:40 WIB
Pria, 16 tahun.

Assalammualaikum , dokter saya mau tanya kenapa ya setiap saya menstruasi selalu merasakan nyeri di perut bagian bawah atau istilah lain nyeri haid? itu sudah terjadi selama 4thn nan lebih sejak saya mens , saya udah tersiksa sekali dengan itu , bahkan saya pernah pas waktu nyeri haid itu BAB dan BAB nya itu warnanya juga ikut merah , tolong dok mohon bantuannya . Supaya tidak sakit lagi itu bagaimana? terimakasih dokter , Assalammualaikum

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terimakasih telah bertanya tentang Nyeri Haid melalui fitur Tanya Dokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda dan keluarga.

Nyeri haid merupakan hal yang rutin dialami oleh setiap wanita setiap bulannya. Nyeri haid normal dialami oleh sebagian besar wanita, terjadi karena tubuh melepaskan hormon prostaglandin.

Prostaglandin berfungsi untuk menstimulasi otot rahim tersebut untuk berkontraksi, menyebabkan suplai darah ke rahim berhenti untuk beberapa saat dan meningkatkan sensitivitas ujung-ujung saraf nyeri, sehingga menimbulkan rasa nyeri dan kram di perut.

Pada beberapa wanita, ada yang mengalami nyeri haid yang dirasakan sangat parah. Nyeri haid ini dikategorikan sebagai nyeri haid tidak normal akibat gangguan di organ reproduksi. Untuk lebih memahami tentang nyeri haid, berikut adalah dua jenis nyeri haid:

Nyeri haid primer
Nyeri haid primer merupakan nyeri haid yang normal dan terjadi karena kontraksi otot rahim sebagai akibat dari hormon prostaglandin. Nyeri haid primer meningkat jumlahnya pada wanita yang belum menikah dibandingkan dengan wanita yang sudah menikah.

Ciri-ciri nyeri haid normal:

Nyeri yang dirasakan biasanya satu atau dua hari sebelum haid datang atau saat haid hari pertama.
Nyeri yang dirasakan berada di perut bagian bawah, pinggang atau di bagian paha.
Sifat nyeri mulai dari ringan sampai berat, yang bertahan selama 12 sampai 72 jam paling lama.
Gejala nyeri disertai keluhan mual, muntah, lemas, dan diare.
Nyeri haid sekunder
Nyeri haid sekunder biasanya baru timbul di kemudian hari setelah haid hari pertama. Nyeri haid ini dapat disebabkan oleh beberapa penyakit atau kelainan di organ reproduksi.

Ciri-ciri nyeri haid yang tidak normal:

Nyeri yang dirasakan lebih sakit dibandingkan nyeri kram perut biasa.
Nyeri terkadang tidak berkurang meskipun haid telah selesai.
Nyeri yang dirasakan disertai dengan gejala mual dan muntah.

Gatal pada vagina dapat disebabkan oleh infeksi, terutama infeksi jamur, ataupun iritasi, paling sering karena terlalu banyak penggunaan sabun. Pada infeksi jamur, gejala yang dialami dapat berupa keluar gumpalan-gumpalan putih susu kental, konsistensi seperti tepung, yang dirasakan sangat gatal, dan bisa terjadi kemerahan di kulit sekitar bibir kemaluan. Pada iritasi karena sabun, dapat timbul kemerahan, gatal, sampai kadang dapat terasa perih.

Berikut saran yang dapat kami berikan untuk menjaga kebersihan vagina Anda :

Sering mengganti celana dalam apabila berkeringat atau lembab
Menghindari penggunaan celana ketat yang terbuat dari bahan yang tidak menyerap keringat
Apabila ingin menggunakan panty liner pilihlah yang tidak mengandung pengharum dan tidak digunakan selama lebih dari 4-6 jam
Menghindari penggunaan produk pembersih kemaluan yang dapat menyebabkan perubahan keasaman dan keseimbangan bakteri
dalam liang kemaluan ibu
Bila hendak membilas setelah buang air kecil, lakukanlah dengan arah dari depan ke belakang menggunakan handuk.

Untuk memastikan penyebab keluhan yang Anda alami, diperlukan pemeriksaan fisik langsung. Oleh karena itu, kami sarankan agar Anda mengunjungi dokter Sp.OG untuk tatalaksana selanjutnya.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Nyeri Haid. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar