Sukses

Puasa Saat Sakit Maag

29 May 2017, 09:20 WIB
Wanita, 40 tahun.

Assalamualaikum, selamat malam dok, (di atas harus ngisi gol.darah, saya tidak tahu) Saya penderita sakit maag, saya muslim. Dibulan Ramadhan ini saya harus puasa. Di puasa pertama saya ini, saya pusing dan keluar keringat dingin, saya harus bagaimana dok? Dan apa obatnya? Mohon dijawab ya dok 🙏

dr. Jeannyfer HJ

Dijawab Oleh:

dr. Jeannyfer HJ

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter klikdokter.com

Halo, kami memahami kekhawatiran Anda.

Kami menghargai keinginan Anda untuk berpuasa walaupun terdapat kendala sakit maag. Sering kali penyakit maag dijadikan alasan untuk tidak menjalankan puasa. Banyak yang khawatir jika penyakitnya akan kambuh, sehingga mengganggu aktivitas sehari-hari.

Berikut adalah kiat-kiat agar lambung tetap sehat saat berpuasa:

Wajib makan sahur
Makan sahur adalah hal yang wajib bagi penderita maag yang ingin berpuasa, dikarenakan makan sahur dapat menyiapkan energi selama berpuasa dan mencegah lambung dalam keadaan kosong. Jangan lupa juga untuk mengonsumsi obat maag golongan antasida, proton pump inhibitor (PPI), atau H2 antagonis.

Jangan tidur setelah sahur dan perbanyak makan serat
Hindarilah tidur setelah sahur, karena dapat meningkatkan sekresi asam lambung. Keadaan tersebut akan membuat proses pencernaan berjalan menjadi lebih lambat dan menyebabkan perasaan lapar saat bangun tidur. Selain itu, perbanyaklah makan serat saat sahur, karena dapat membuat Anda tidak cepat lapar.

Segera berbuka
Saat berbuka puasa segeralah minum minuman yang hangat dan manis, lalu bisa dilanjutkan dengan makan makanan ringan yang manis seperti kurma. Makan dan minum minuman yang manis dapat menormalkan kadar gula dalam tubuh setelah berpuasa seharian dan makanan yang manis tersebut akan mudah diserap oleh tubuh.

Makan secukupnya
Sebaiknya Anda makan dengan secukupnya, agar tidak terjadi peregangan dinding lambung yang berlebihan sehingga lambung dapat berkontraksi dengan rileks. Selain itu, saat berbuka jangan langsung makan dengan porsi besar, yaitu nasi beserta lauk pauk. Berbukalah dengan makanan kecil terlebih dahulu, makan besar bisa dilakukan satu jam setelah berbuka. Hal tersebut dilakukan agar kadar gula dalam darah dan cairan tubuh kembali ke posisi normal.

Hindari stres
Jika Anda stress, maka akan memacu metabolisme sehingga asam lambung akan meningkat dan hal ini bisa menyebabkan kerusakan pada dinding lambung. Stres saat bulan puasa dapat dihindari dengan banyak melakukan kegiatan yang bermanfaat.

Minum obat teratur
Saat puasa jadwal untuk minum obat menjadi berubah. Obat maag dapat diminum saat sahur, berbuka puasa, dan tengah malam sebelum tidur.

Sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter penyakit dalam untuk pemeriksaan dan penentuan golongan obat mana yang akan menjadi terapi Anda.

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam Sehat

0 Komentar

Belum ada komentar