Sukses

Benjolan di Vagina

29 May 2017, 15:26 WIB
Wanita, 19 tahun.

Dok saya punya kista 2cm... Udah 5 hari ini saya setiap buang air kecil keluar cairan putih dan di celana dalam saya juga ada cairain putih itu... Keluar cairan putih itu sehari setelah saya selesai haid... Dan di dalam vagina saya terasa ada benjolan, benjolan itu ketika di pegang terasa besar dan buat duduk pun sakit... Tenggorokan saya juga terasa ada yg mengganjal... Dan kadang" kepala saya terasa agak keliengan... Itu semua tanda tanda knpa yaa dok??? Mohon penjelesannya....

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terimakasih telah bertanya tentang Benjolan di Vagina melalui fitur Tanya Dokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda dan keluarga.

Ada beberapa penyakit yang dapat menyebabkan benjolan pada vagina. Berikut ini beberapa penyakit yang dapat menyebabkan benjolan pada bibir vagina:

Kista Bartholin/abses kelenjar Bartholin. Kista ini berasal dari kelenjar bartholin yang tersumbat. Setiap wanita memiliki sepasang kelenjar bartholin pada bibir vagina. Kelenjar yang tersumbat menyebabkan munculnya benjolan (kista) dan dapat pula terinfeksi sehingga meradang. Bila sudah radang, maka benjolan akan menjadi nyeri, kemerahan, dan hangat. Bila terdapat nanah kemungkinan sudah menjadi abses/bisul.
Fibroma: tumor jinak yang berasal dari jaringan ikat pada bibir vagina
Lipoma: tumor jinak yang berasal dari jaringan lemak.
Sarkoma: tumor ganas yang berasal dari jaringan ikat.
Adenocarcinoma Bartholin: tumor ganas dari kelenjar Bartholin
Pembengkakan kelenjar getah bening. Biasanya disebabkan karena ada infeksi, terutama bila timbul keputihan atau gatal pada vagina.

Untuk mengetahui benjolan itu berbahaya atau tidak, diperlukan pemeriksaan ke dokter. Dari pemeriksaan fisik, Dokter akan dapat menduga benjolan tersebut ganas atau tidak. Saran kami adalah Anda memeriksakan diri ke dokter.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Benjolan di Vagina. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar