Sukses

Penyebab Badan Terasa Gatal

29 May 2017, 14:49 WIB
Pria, 32 tahun.

malam dok.kenapa ya setiap malam badan saya terasa gatal dan bentol-bentol

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terimakasih telah bertanya tentang Penyebab Badan Terasa Gatal melalui fitur Tanya Dokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda dan keluarga.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Untuk mengatasi kulit yang terasa gatal, harus diketahui terlebih dahulu penyebabnya. Apakah gatal kulit muncul terkait dengan konsumsi obat, makanan, debu, atau perubahan temperatur? Jika ya, maka gatal yang Anda alami terkait dengan alergi dan membutuhkan penanganan berupa anti alergi (misalnya antihistamin) dan penghindaran faktor pencetus alergi. Adakah gejala gatal terutama disela-sela jari, lipatan paha, ketiak, bawah payudara? Adakah anggota keluarga lain yang menderita gatal yang sama? Bila ya, maka kemungkinan Anda mengalami penyakit Scabies. Silahkan membaca artikel kami tentang scabies.

Secara umum, berikut adalah penanganan yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi gatal:

1. Menjaga kebersihan tubuh dengan mandi menggunakan sabun 2 kali sehari. Bila Anda memiliki masalah kulit kering, maka hindari penggunaan sabun antiseptik.

2. Kulit yang kering cenderung mengalami gatal. Oleh sebab itu, bila dibutuhkan gunakanlah pelembab seperti body lotion.

3. Menghindari faktor pencetus gatal (seperti yang telah kami sebutkan diatas)

4. Mengonsumsi obat antigatal seperti antihistamin (dapatkan dengan resep dokter), serta Anda dapat mengurangi gatal dengan menaburkan bedak berisi menthol/ asam salisilat dosis rendah,

Kami sarankan Anda memeriksakan diri secara langsung ke dokter kulit agar dilakukan wawancara yang lebih mendalam dan kelainan kulit Anda dapat diperiksa secara langsung.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Penyebab Badan Terasa Gatal. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar