Sukses

Penyebab Batuk Darah

29 May 2017, 14:35 WIB
Pria, 20 tahun.

Hallo selamat malam dok, saya handika. Saya sudah lama sekali mempunyai penyakit magh kronis, yaa gejalanya sdh sampai ke sesak nafas, batuk berdahak/kering, pusing, mudah cape. Nah saya kan ke klinik tuh saya kan dikasih obat lambung setelah makan dan sebelum makan. Nah setelah saya mengkonsumsi obat yg sesudah makan setelah obatnya habis saya mengalami batuk berdahak dan pilek dan jg tidak enak badan dok batuk dan pileknya bkin sakit tenggorokan dan hidung didalem dok. saya tanya ke kaka saya katanya itu hanya efek obat yg sehabis makannya cuma saya gk percaya. Nah setelah kejadian batuk dan pilek itu smpet waktu saya batuk berdahak Ada darahnya, nah skrg sdh ilang klo darahnya klo batuk berdahak. Malah skrg kalo pilek itu umbelnya ada darahnya dok dan hidung didalem itu terasa sakit bgt dok. Itu luka didalem tenggorokan atau jg saya terkena tbc dok? Krna saya takut bgt dok.

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terimakasih telah bertanya tentang Penyebab Batuk Darah melalui fitur Tanya Dokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda dan keluarga.

Terkait batuk darah yang Anda alami, apakah batuk darah tersebut banyak jumlah darahnya? Berapa banyak jumlah darah pada saat Anda batuk? Apakah darah muncul pada saat batuk atau pada saat muntah atau bersamaan dengan tersedak? Apakah terdapat dahak bersama dengan darah? Apakah Anda seorang perokok?

Batuk darah dapat disebabkan oleh banyak hal, yaitu:

1. Infeksi Tuberkulosis Paru (TBC Paru)

2. Infeksi paru (bronkitis, penumonia)

3. Kanker paru

4. Edema paru karena adanya masalah pada jantung

5. Iritasi saluran napas karena batuk yang terlalu keras

6. dll.

Selain itu, batuk darah juga perlu dikonfirmasi apakah dari saluran pernapasan atau merupakan darah dari saluran cerna.

Untuk itu, sebaiknya Anda perlu mengunjungi dokter untuk wawancara medis mendetil dan pemeriksaan fisik langsung. Dokter juga mungkin memerlukan pemeriksaan penunjang seperti foto rontgen paru dan pemeriksaan darah. Setelah pemeriksaan lengkap, dokter dapat menyimpulkan kondisi kesehatan Anda dan mendiskusikan dengan Anda pilihan penanganan yang paling sesuai.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Penyebab Batuk Darah. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar