Sukses

Benjolan di belakang telinga

29 May 2017, 14:16 WIB
Pria, 38 tahun.

Dibelakang telinga saya, tepatnya dibawahnya tumbuh benjolan. Benjolan ini bukan seperti sebelumnya yang apa bila dipencet akan mengeluarkan nanah. Pernah saya beri cairan mengkudu, hasilnya pedih dan menjadi bengkak. Saya takut dioperasi, karna kata teman saya kalau operasinya tidak bersih bisa menimbulkan benjolan yg lebih ganas. Apa yg harus saya lakukan dengan benjolan ini, dok? Bagaimana mengetahui standar operasi yg tepat untuk penyakit ini? Terima kasih.

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terimakasih telah bertanya tentang Benjolan di belakang telinga melalui fitur Tanya Dokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda dan keluarga.

Apakah ada kemerahan atau bengkak dari telinga Anda bagian luar? dan apakah Anda memiliki nyeri kepala dankemerahan serta nyeri bila Anda menyentuh tulang di bawah telinga Anda? Nyeri pada telinga dapat terjadi akibat dari infeksi, trauma terhadap telinga, atau sumbatan pada saluran tuba.

Untuk memastikan diagnosis dari keluhan yang Anda rasakan, perlu dilakukan wawancara medis lengkap disertai pemeriksaan fisik oleh dokter untuk melihat ukuran benjolan, konsistensi, ukuran, lokasi anatomis, warna, kemudian pemeriksaan organ telinga dengan alat khusus untuk memastikan apakah gejala nyeri telinga tersebut berkaitan atau tidak dengan keluhan lainnya. Kami menyarankan Anda untuk memeriksakan diri ke dokter spesialis THT untuk tata laksana yang optimal.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Benjolan di belakang telinga. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar