Sukses

Nyeri Lutut

29 May 2017, 13:22 WIB
Pria, 22 tahun.

selamat malam, saya ada keluhan pada lutut sebelah kiri yang kira2 sudah 5 hari mengalami sakit apabila di tekukkan. pada awal nya hanya sakit apabila di tekukkan namun semakin hari malah menjadi sakit apabila di luruskan dan berjalan. kira2 apa ya penyakit nya dan solusinya ? thank u

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terimakasih telah bertanya tentang Nyeri Lutut melalui fitur Tanya Dokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda dan keluarga.

Lutut terdiri dari tulang, kapsul, rawan sendi, meniscus, ligamen, otot dan syaraf yang bekerja sama untuk menghasilkan suatu gerakan lutut yang sempurna. Nyeri lutut dapat terjadi pada semua umur dan oleh berbagai penyebab. Dan penanganan nyeri lutut berbeda-beda, harus berdasarkan penyebabnya.

Nyeri lutut yang terjadi pada orang dewasa, dapat diakibatkan karena trauma seperti terjatuh, keseleo, cedera waktu olahraga baik disadari maupun tidak. Selain itu nyeri lutut juga bisa disebabkan kelainan diluar lutut seperti akibat lemahnya otot paha, cedera ligamen lutut dalam, kelainan disendi panggul, atau kelainan di tulang belakang (HNP) yang tentunya memerlukan penanganan yang lebih kompleks.

Pada usia diatas 45 tahun, pada umumnya masalah degeneratif menjadi masalah utama, yaitu kerusakan tulang rawan sendi yang disebut dengan arthritis / pengapuran. Penyebabnya digolongkan menjadi dua, yaitu penyebab primer bila disebabkan karena proses penuaan dimana sendi menjadi aus akibat produksi cairan pelumas yang berkurang. Sedangkan penyebab sekunder bila disebabkan oleh cedera waktu muda yang tidak segera diatasi, bentuk kaki yang O atau X, penyakit reumatik dan asam urat, infeksi dan lain sebagainya.

Rematik atau Artritis Reumatoid (AR), adalah salah satu dari beberapa penyakit rematik adalah suatu penyakit autoimun sistemik yang menyebabkan peradangan pada sendi. Bila dibiarkan, kondisi ini dapat memicu terjadinya erosi tulang, destruksi (kehancuran) rawan sendi dan kerusakan total sendi.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Nyeri Lutut. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar