Sukses

Haid tidak teratur saat menggunakan KB suntik

29 May 2017, 13:08 WIB
Wanita, 26 tahun.

Slm knl dok....saya kan kb suntik 1bln tp dah 2bln yg lalu lha saya kan g tratur suntik-y....lha in q g suntik k sebulan 2x mendtruasi....kdang cm flek trus darah lagi....apakah ini efek kb yg tak tratur???

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terimakasih telah bertanya tentang Haid tidak teratur saat menggunakan KB suntik melalui fitur Tanya Dokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda dan keluarga.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Kontrasepsi suntikan merupakan salah satu metode kontrasepsi hormonal yang banyak digunakan. Kontrasepsi suntikan terdiri dari KB 1 bulan dan KB 3 bulan.

KB 3 bulan merupakan kontrasepsi hormonal yang mengandung long-acting progestin, yaitu Norestiteron enantat (NETEN) 150 mg yang diberikan setiap 3 bulan. Hormonal ini akan berfungsi sebagai alat pencegah kehamilan dengan cara kerja mempengaruhi sistem hormon di dalam tubuh.

Salah satu efek samping dari hormon tersebut adalah perdarahan yang tidak teratur, mulai dari perdarahan bercak atau flek hingga perdarahan yang berkepanjangan, bahkan 70% pengguna KB suntik bisa tidak mens. Setiap individu memiliki respon yang berbeda-beda dalam penerimaan hormon ini. Darah tersebut berasal dari peluruhan lapisan dinding rahim seperti darah haid yang mengalami ketidakteraturan akibat pengaruh hormon. Umumnya bila menggunakan suntik KB 3 bulan maka pengembalian kesuburan dan menstruasi normal kembali setelah penghentian 5-7bulan.

Bila Anda merasa tidak nyaman dengan penggunaan KB yang saat ini digunakan maka Anda dapat mengganti metode kontrasepsi tersebut. Pergantian kontrasepsi tentu saja dapat dilakukan jika memang diperlukan, misalkan karena efek samping yang kurang dapat diatasi. Hal ini sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter Anda. Namun jika Anda tidak merasa ada masalah maka Anda dapat terus menggunakan metode KB ini. Jika keluhan ini dirasakan sangat menganggu, kami sarankan Anda melakukan konsultasi secara langsung dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik secara menyeluruh dan pemeriksaan penunjang (bila diperlukan).

Pergantian KB suntik 3 bulan ke KB suntik 1 bulan boleh dilakukan tanpa perlu peralihan dengan pil KB terlebih dahulu. Namun demikian, setelah suntik KB 1 bulan, belum tentu haid anda langsung lancar karena dibutuhkan waktu beberapa bulan agar siklus haid normal kembali.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Haid tidak teratur saat menggunakan KB suntik. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar