Sukses

Panas Pada Tenggorokan

29 May 2017, 11:25 WIB
Pria, 14 tahun.

dok,maaf sebelumnya saya mau tanya.. saya sekarang kena tenggorokan yang panas dan merah dan juga amandel yang terasa sedikit hingga lidah belakang saya. itu bermula selepas sy pergi dari tour walisongo 7 hari , saya sampai rumah malam sabtu itu masih biasa" aja tapi pas malam minggu nya saya makan samyang yang pedas dan minum nya air yang lumayan panas setelah itu saya merasa aneh di tenggorokan sya, dn minggu pagi nya amandel saya terasa smpai lidah belakang dan tenggorokan saya panas susah untuk bicara,minum,dan makan, tetapi saya segera minum obat dr ibu saya . stelah itu lumayan aga mendingan tapi besok hari nya badan saya panas,pusing,dan tenggorokan saya makin jadi. tetapi kalau saya minum obat hilang lagi sakit nya tapi kalau beberapa lama ga minum obat kambuh lagi.. dan sekarang saya merasakan makan nasi padang tapi tidak ada rasa nya.. kecuali makan makanan yang manis baru terasa tetapi kalau makanan non manis tidak ada rasa nya dan saya tidak berselera.. saya mohon bantuannya,segera,terima kasih:)

Terimakasih telah bertanya tentang Tenggorokan panas melalui fitur Tanya Dokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda dan keluarga.

Peradangan pada tenggorokan dalam bahasa medis disebut faringitis atau tonsilofaringitis (karena sering disertai peradangan pada amandel/tonsil). Penyebab infeksi dan radang tenggorokan paling banyak adalah virus (sekitar 40-60%) dan sekitar 15% disebabkan oleh bakteri streptococcus beta hemolyticus, streptococcus viridians, dan streptococcus pyogenes. Selain itu, radang tenggorokan juga dapat disebabkan oleh jamur.

Adapun gejala klinis yang ditimbulkan oleh infeksi virus atau bakteri tidak memiliki perbedaan yang bermakna, sehingga perlu dilakukan pemeriksaan kultur dari usap tenggorok untuk memastikannya. Bagaimanapun, besar kemungkinan adanya infeksi bakteri apabila radang tenggorokan disertai lendir berwarna kuning/kehijauan.

Pengobatan yang diberikan pada radang tenggorokan karena infeksi bakteri berbeda dengan infeksi virus. Radang tenggorokan yang disebabkan oleh infeksi virus umumnya bersifat self-limiting atau dapat sembuh spontan tanpa pengobatan. Yang terpenting adalah menjaga daya tahan tubuh agar tetap baik, antara lain dengan makan makanan bergizi dan istirahat yang cukup. Demam dapat diturunkan dengan basuhan air hangat, banyak minum, atau dibantu dengan obat penurun panas. Sedangkan radang tenggorokan akibat infeksi bakteri memerlukan pengobatan tambahan dengan antibiotik minimal selama 5 hari.

Namun perlu diketahui bahwa radang tenggorokan tidak selalu disebabkan oleh infeksi. Keadaan ini juga dapat disebabkan oleh alergi, atau iritan seperti polutan, asap rokok, dan substansi kimia lain. Namun sampai saat ini belum ada penelitian yang membuktikan bahwa penggunaan headphone dapat menyebabkan radang tenggorokan.

Gejala faringitis sangat bervariasi, bergantung pada penyebabnya. Faringitis dapat merupakan suatu kondisi yang berdiri sendiri atau merupakan bagian dari gejala penyakit lain. Faringitis yang disebabkan oleh infeksi kuman tertentu dapat disertai keluhan batuk atau pilek.

Apabila Anda sering terkena radang tenggorokan maka beristirahatlah yang cukup, banyak minum, makan makanan dengan nutrisi cukup dan minum vitamin seperti vitamin C untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Saat sedang sakit, batasi jenis makanan yang dapat merangsang batuk seperti es dan makanan goreng-goreng. peningkatan vitalitas tubuh juga dapat dilakukan untuk pencegahan sakit karena virus mudah menyerang apabila kondisi tubuh sedang turun.

Jika keluhan berlanjut, Anda dapat mengunjungi dokter spesialis THT untuk evaluasi dan tatalaksana lebih lanjut.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Tenggorokan panas. Semoga bermanfaat untuk Anda.

0 Komentar

Belum ada komentar