Sukses

GERD

29 May 2017, 12:52 WIB
Pria, 31 tahun.

Halo Dok. Apakah gerd mempengaruhi seringnya frekuensi BAB? Saya bab hampir setiap selesai makan dan apa bila naik kendaraan. Ini sangat menggangu aktifitas saya. Untuk catatan saya sudah menderita gerd lebih dari 5 tahun. Terima kasih dok

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terimakasih telah bertanya tentang GERD melalui fitur Tanya Dokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda dan keluarga.

Gastro esophageal reflux disease (GERD) merupakan penyakit saluran cerna bagian atas yang terjadi karena asam lambung dengan derajat keasaman yang tinggi naik ke kerongkongan.

Gejala GERD hampir sama dengan sakit lambung. Gejala khusus GERD yang mudah dibedakan dari sakit lambung adalah: rasa seperti terbakar /panas di bagian belakang tulang dada dan cairan lambung yang naik tidak hanya sampai ke kerongkongan, tetapi juga hingga ke mulut sehingga dapat terasa asam pada bagian belakang mulut.
Pada penderita GERD, terjadinya sesak napas dipicu oleh hal-hal yang meningkatkan asam lambung, seperti saat terlambat makan, stres, setelah mengkonsumsi kopi, dll.

Sebetulnya GERD tidak berpengaruh pada frekuensi BAB Anda. Untuk memastikan penyebab dari keluhan BAB Anda, kami menganjurkan agar Anda dapat memeriksakan diri lebih lanjut ke dokter. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang GERD. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar