Sukses

Gejala-Gejala Sinusitis

29 May 2017, 12:40 WIB
Pria, 35 tahun.

Siang dok, bulan lalu tepatnya 17 mei, saya kenak flu, batuk kering, hingga demam. Keempat harinya saya berobat. Seiring berjalannya waktu suara saya yang tadinya agak berubah jadi normal kembali. Baru aja sembuh, eh sekarang saya merasa kena flu lagi, pusing disekitar tulang alis, nyut nyut nyut di sekitar hidung dan alis, migrain, di kepala sebelah kiri, hingga terasa rahang pipi gak enak, gigi geraham atas jadi gak enak rasanya, cairan yg keluar lewat hidung bukan lagi kuning kental, tapi darah, lendir kuning, ada apa dengan belakang hidung saya ya dok.?

dr. Rio Aditya

Dijawab Oleh:

dr. Rio Aditya

Terima kasih telah bertanya seputar sakit kepala disertai lendir ingus melalui fitur Tanya Dokter

Gejala yang anda alami dikhawatirkan adalah gejala sinusitis, yaitu peradangan pada rongga sinus di wajah.Berikut gejala dari nyeri kepala akibat sinusitis:

  • Nyeri dan rasa penuh pada pipi, mata, dan/atau dahi.
  • Sakit kepala berdenyut.
  • Nyeri tersebut terasa memberat jika kepala ditundukkan.
  • Hidung tersumbat.
  • Rasa lelah.
  • Nyeri pada gigi bagian atas.
  • Tidak semua sinusitis memerlukan terapi antibiotik, karena umumnya flu disebabkan oleh infeksi virus. Alergi pun tidak disebabkan oleh infeksi bakteri. Antibiotik diperlukan jika flu atau alergi telah ditumpangi oleh bakteri, yang ditandai dengan lendir hidung kental berwarna kuning atau hijau.

Pada umumnya, Anda memerlukan obat sakit kepala seperti parasetamol, ibuprofen, asam mefenamat, atau metampiron. Selain itu, obat-obatan lain dapat Anda peroleh dari dokter sesuai dengan penyebab dan gejala yang Anda alami.

Untuk memastikan apakah benar nyeri kepala yang Anda alami adalah akibat sinusitis, dokter dapat melakukan pemeriksaan fisik dan rangkaian pemeriksaan penunjang jika dibutuhkan, seperti tes darah, rontgen sinus, atau CT scan sinus jika ingin lebih menyeluruh.

Jangan tunda kunjungan Anda ke dokter, apalagi jika Anda mengalami hal-hal berikut ini:

Sakit kepala yang Anda alami sudah lebih dari 2 minggu.
Anda mengalami sakit kepala tak tertahankan yang tidak membaik setelah mengonsumsi obat antinyeri yang dijual bebas.
Aktivitas dan tidur Anda terganggu oleh sakit kepala tersebut.


Demikian informasi yang bisa disampaikan seputar sakit kepala disertai lendir ingus.Semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar