Sukses

Perut Buncit

29 May 2017, 12:15 WIB
Pria, 23 tahun.

Halo dokter, selamat pagi. Saya adalah mahasiswa, berhubung sering gadang karena tugas yang selalu saja numpuk, perut saya lama lama buncit, mungkin karena pola tidur dan konsumsi makanan yang tdak beraturan (kalo gadang selalu harus ada kopi dan minuman mengandung lemak lainnya). Sebagai catatana dokter pula, saya seorang perokok aktif berat, sehari bisa 1 bungkus habis. Saya sudah dan sedang menjalani olahraga kardio, dan gym, namun hasilnya belum memuaskan (baru 3 bulan), itupun dibarengi dengan mengubaj pola makan saya diet karbo dan lemak, jarang nasi diganti dengan gandum dan sayuran terjadwal, sesekali juga konsumsi protein dari daging dan ikan. Mau tanya, apakah jika saya mengkonsumsi obat herbal penurun berat badan dapat mempercepat rataanya perut buncit saya? Jika demikian, herbal apa yang bagus dan aman untuk dikonsumsi berbarengan dengan diet dan olahraga yang saya sedang jalani? Terimakasih yang dok. Salam hangat

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terimakasih telah bertanya tentang Perut Buncit melalui fitur Tanya Dokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda dan keluarga.

Mengenai efektifitas dan efek sampingnya kami tidak dapat menjelaskan kepada Anda karena banyak sekali obat herbal yang belum terbukti secara ilmiah. Mengenai keamanannya seharusnya setiap produk atau obat yang diproduksi harus melewati berbagai proses pemeriksaan misalnya dari BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan), jika obat tersebut sudah lulus BPOM artinya aman dikonsumsi. Apakah obat yang Anda minum sudah tersertifikasi BPOM? Untuk menurunkan berat badan sebaiknya hindari konsumsi obat-obatan yang belum jelas bukti ilmiahnya.

Untuk menurunkan berat badan perlu diperhatikan beberapa hal, yaitu pola makan, pola istirahat dan pola olah raga Anda. Bagaimana dengan pola makan/istirahat/olah raga Anda selama ini?

Menurunkan berat badan paling baik dilakukan dengan kombinasi diet sehat dan olahraga. Kedua hal itu tersebut tidak dapat dipisahkan. Anda harus tetap melakukan olahraga bersamaan dengan pengaturan makanan. Jika hanya diet saja dan tidak diimbangi dengan olahraga Anda akan cenderung merasa lemas. Anda dapat melakukan kombinasi olah raga dengan pola makan gizi seimbang. Olah raga yang dapat diterapkan adalah yang bersifat aerobik seperti lari, renang, bersepeda ataupun yang bersifat pembentukan seperti plank, push up, dan latihan beban. Jika Anda melakukannya secara teratur selama 30-60 menit, minimal 3x/minggu, ditunjang dengan pola makan seimbang, tentunya akan ada perubahan pada berat tubuh Anda. Intinya adalah kedisiplinan yang tinggi.

Hilangkan keinginan Anda untuk menurunkan berat badan dalam waktu singkat, karena penurunan berat badan yang terlalu cepat dapat berpotensi menyebabkan gangguan kesehatan. Penurunan berat badan yang wajar adalah sekitar 0,5 kg/minggu atau 2-2,5 kg/bulan.

Untuk diet, yang harus Anda lakukan adalah mengurangi jumlah kalori dalam sehari. Tetap usahakan makan 3x sehari hanya saja porsinya yang diatur sesuai dengan kebutuhan kalori Anda. Setiap kali Anda makan ada unsur kabohidrat (roti gandum, kentang), hindari makanan gorengan, minuman dan makanan yang terlalu manis, garam, konsumsi banyak air putih, perbanyak lauk dengan ikan, perbanyak sayur dan buah, hindari makanan dari kaleng atau fast food(sosis, kentang goreng, nugget), hindari jajanan manis (bila lapar, dapat pilih snack berupa buah atau sayur yang manis). Cobalah agar makan pagi Anda selalu disertai oleh buah yang manis. Untuk malam hari hindari makanan yang terlalu besar porsinya.

Menurunkan berat badan membutuhkan waktu, kesabaran, dan kedisiplinan. Namun jika Anda melakukannya dengan sepenuh hati dan tepat, maka akan membuahkan hasil seperti apa yang Anda impikan. Apabila susah melakukan diet sendiri, Anda dapat minta bantuan Dokter Spesialis Gizi untuk mengatur kebutuhan nutrisi Anda dan juga bantuan Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga untuk membantu menentukan resep olahraga Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Perut Buncit. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar