Sukses

Benjolan di Leher

29 May 2017, 12:02 WIB
Pria, 25 tahun.

Awalnya muncul benjolan di leher kiri saya, tepatnya dibawah rahang kiri Ukurannya sekitar 4-6cm, jika disentuh lunak dan tidak menyebabkan nyeri apapun Saat konsultasi ke dokter, dokter mengatakan bahwa benjolan ini adalah kelenjar/lipoma dan disarankan untuk dilakukan operasi Setelah selesai operasi, dokter bilang bahwa benjolan dileher saya adalah kelenjar getah bening Saya diberikan obat minum yaitu Natrium Diklofenak 50mg, Cefadroxil 500mg dan salep Sagestam yang dioleskan ke jahitan saat mengganti perban Masalahnya, 2 minggu setelah operasi..benjolan dileher kiri saya tidak mengempes bahkan sekarang malah mengeras Jahitan sudah kering dan jika dilihat tidak ada memar/merah di bekas jahitan Apakah benjolan keras dileher saya ini adalah hal yang wajar setelah operasi lipoma/kelenjar getah bening? Haruskan saya konsultasi ke dokter lagi atau tunggu saja sampai benjolan ini mengempis dengan sendirinya? Mohon bantuannya Terima kasih

Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terimakasih telah bertanya tentang Benjolan di Leher melalui fitur Tanya Dokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda dan keluarga.

Banyak kemungkinan yang dapat menyebabkan benjolan pada leher. Jadi sulit bagi kami menjelaskan penyebab pasti keluhan yang dialami dan penanganannya, jika benjolan di leher tersebut belum dipastikan penyebabnya. Benjolan leher dapat disebabkan oleh berbagai sebab:

Pembesaran kelenjar tiroid (gondok): hipertiroidisme, hipotiroidisme, tumor kelenjar tiroid
Pembesaran kelenjar getah bening: tumor kelenjar getah bening, TBC kelenjar, penyebaran kanker dari tempat lain, infeksi bakteri
Pembesaran kelenjar air liur: parotitis, tumor parotis
Bisul (abses), biasanya disertai dengan keluhan nyeri, warna kemerahan
Tumor lemak (lipoma)

Penyebab paling sering benjolan di leher adalah pembesaran kelenjar getah bening karena infeksi (misalnya saat sedang batuk pilek), benjolan ini bisa menghilang dengan sendirinya. Kami sarankan Anda konsultasi ke Dokter spesialis bedah karena status benjolan tersebut berbahaya atau tidak hanya dapat dipastikan melalui pemeriksaan fisik. Jika sudah diperiksakan pastikan diagnosis nya apa, jika lipoma bisa diangkat, namun jika pembesaran kelenjar getah bening karen infeksi tidak perlu diangkat namun cukup diberikan obat. Jika pembesaran kelenjar tiroid maka perlu dilakukan pemeriksaan kadar hormon tiroid.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Benjolan di Leher. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar