Sukses

Kapan Kantung Janin Terlihat di USG

29 May 2017, 11:24 WIB
Wanita, 25 tahun.

Dok saya mau tanya, saya sudah satu bulan lebih tidak menstruasi dan begitu di cek pakai tespek saya positif hamil. Satu minggu kemudian saya periksa ke dokter untuk lebih jelasnya. Namun, setelah sampai dokter kandungan saya langsung di USG. Hasil USGnya kosong tidak ada janin. Menurut penuturan dokternya karena saya masih telat 1 minggu dari masa haid seharusnya dan saya di anjurkan kembali lagi satu bulan kemudian. Yang saya mau tanyakan, 1. apakah tidak masalah jika di USG pada masa trisemester sudah USG sampai 2x? 2. Mengapa saya tidak mengalami mual sama sekali.?

Terima kasih telah bertanya tentang kapan kantung janin terlihat di USG melalui fitur Tanya Dokter

Dengan USG umumnya sudah bisa dilihat adanya kantung kehamilan ('gestational sac') di rongga rahim berupa gambaran bulat hitam berbatas tegas. Diameter kantung kehamilan besarnya tergantung usia hamil. Sedangkan bakal janin ('fetal echo') di dalam kantung kehamilan belum tampak. Biasanya baru tampak pd usia hamil di atas 6 minggu.

Pada usia hamil 4-5 minggu kadang-kadang juga sudah tampak bulatan hitam menyerupai kantung kehamilan tetapi masih sangat kecil, terutama jika siklus haid yang lebih dari 28 minggu. Mungkin kantung kehamilan yang masih kecil ini belum tampak dalam pemeriksaan USG. Sebaiknya ulang sekitar 2-4 minggu setelah USG pertama untuk memantau perkembangan kehamilannya.

Tidak masalah jika memang USG diperlukan untuk memantau perkembangan janin. USG merupakan metode pemeriksaan yang sangat aman dilakukan untuk ibu hamil karena ridak menggunakan radiasi yang membahayakan janin. Adapun mual muntah memang tidak terjadi pada semua ibu hamil. Mual muntah terjadi pada mereka yang kadar hormon di awal kehamilannya sangat tinggi sehingga memicu rasa mual.

Demikian informasi terkait kapan kantung janin terlihat di USG kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar