Sukses

Perbedaan Sindrom Iritasi Usus Besar dan Maag

29 May 2017, 11:30 WIB
Wanita, 44 tahun.

Bagaimana mengatasi syndrom perut.. saya sering kali mengalami sakit perut dikiranya maag.. ternyata setelah baca artikel iritasi usus besar sama yg sering saya alami.. Selama ini sugesti saya harus minum obat maag klu gejala itu datang.. kadang takut pergi2.. ga tenang seakan2 mau ke kamar mandi terus.. terima kasih sebelumnya..

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima Kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.com

Kami mengerti kekhawatiran Anda. Sindrom iritasi usus besar merupakan keadaan yang memengaruhi saluran pencernaan dalam jangka panjang. Diagnosis penyakit ini dapat ditegakkan, bila gejala dialami selama setidaknya 12 minggu atau lebih (tidak perlu berurutan) dalam 12 bulan terakhir. Gejala utamanya adalah rasa nyeri atau tidak nyaman pada perut, disertai dengan adanya dua dari tiga gejala berikut: nyeri hilang setelah BAB, perubahan frekuensi BAB, dan perubahan bentuk BAB.

Selain itu, terdapat juga gejala lainnya yang dapat mendukung diagnosis. Misalnya: ketidaknormalan proses BAB (perlu mengejan, rasa BAB tidak tuntas, sulit menahan BAB), adanya lendir dalam tinja, dan kembung. Sementara itu, sakit mag menggambarkan rasa nyeri atau tidak nyaman pada perut, biasanya pada ulu hati atau di bawah tulang rusuk. Keluhan ini umumnya dikaitkan dengan iritasi lambung akibat asam lambung. Nah, untuk memastikan terkait kondisi Anda sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter agar dilakukan pemeriksaan dan penanganan secara langsung.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam, RF

0 Komentar

Belum ada komentar