Sukses

Meningkatkan Keberhasilan Kehamilan Dengan Menghitung Masa Subur

29 May 2017, 09:41 WIB
Pria, 23 tahun.

dokter saya mau tanya, saya wanita yang sudah menikah kurang lebih 3 bulan lalu, saya selalu berhubungan intim dengan suami saya dan spermanya selalu di masukan, namun tidak kunjung hamil, dan sekedar informasi, siklus mens saya teratur tapi paling lama hanya3-4 hari, apakah itu pengaruh dok? sedangkan suami saya sudah punya anak dari istri pertama

dr. Rio Aditya

Dijawab Oleh:

dr. Rio Aditya

Terima kasih telah bertanya seputar sulit hamil, melalui fitur Tanya Dokter

Keberhasilan kehamilan ditentukan oleh faktor wanita dan faktor pria. Faktor wanita yang mempengaruhi adalah masa subur, obesitas/berat normal, gangguan organ reproduski, dan gangguan hormon. Wanita dengan indeks masa tubuh (IMT) overweight atau obesitas, memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalami gangguan hormonal dan berisiko memiliki penyakit PCOS (polycystic ovary syndrome), dimana seorang wanita akan menjadi lebih sulit hamil dibandingkan dengan wanita yang tidak memiliki PCOS.

Kami sarankan agar anda mencoba menggunakan metode kalender masa subur. Keberhasilan kehamilan dapat meningkat apabila melakukan hubungan seksual pada masa subur. 

Untuk mengetahui masa subur, perlu diketahui siklus menstruasi selama 3-6 bulan terakhir. Siklus menstruasi diketahui dengan cara menghitung jarak hari dari hari pertama menstruasi hingga hari pertama menstruasi pada bulan berikutnya. Untuk menghitung masa subur, dibutuhkan minimal pola menstruasi 3 bulan terakhir.

Masa subur berlangsung selama 6 hari, yaitu pada 2 hari sebelum ovulasi (pelepasan sel telur) hingga 3 hari setelah ovulasi. Kemungkinan hamil akan tinggi bila hubungan intim dilakukan pada waktu-waktu ini.

Catat selalu rata-rata siklus haid Anda. Hari 1 adalah hari pertama Anda haid.

Jika siklus haid Anda teratur, ovulasi terjadi kurang lebih 2 minggu (14 hari) sebelum haid berikutnya. Apabila siklus haid rata-rata 28 hari, Anda akan ovulasi di sekitar hari ke-14.


Untuk menghitung masa subur pada wanita dengan siklus haid tidak teratur harus dilihat dari 6 siklus haid. Catat jumlah hari dalam satu siklus haid selama 6 bulan. Jumlah hari terpendek dalam 6 kali siklus haid dikurangi 18. Hitungan ini menentukan hari pertama masa subur. Jumlah hari terpanjang selama 6 siklus haid dikurangi 11. Hitungan ini menentukan hari terakhir masa subur.

Rumusnya:

Hari pertama masa subur = Jumlah hari terpendek – 18
Hari terakhir masa subur = Jumlah hari terpanjang – 11
Masa subur (ovulasi) akan terjadi pada 14 hari sebelum hari pertama menstruasi yang akan datang bulan berikutnya. Karena itu coba fokuskan untuk berhubungan sekitar masa subur tersebut. Berhubungan seksual sehari setelah selesai haid kemungkinan tidak dapat menyebabkan kehamilan.

Demikian informasi yang bisa disampaikan seputar sulit hamil, Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar