Sukses

Keputihan Pada Anak

29 May 2017, 09:34 WIB
Pria, 27 tahun.

saya adalah seorang ibu yang mempunyai 2 org anak perempuan,dimana anak pertama sy berusia 5 tahun 4bln dan anak kedua saya berusia 4bln 26hri. yang ingin saya tanyakan adalah : 1. apakah wajar anak pertama saya yang usianya baru 5th lbh itu,sdh bs keputihan dok? 2. bagaimana caranya agar saya dpt tau jika anak pertama sy mendapatkan pelecehan seksual pada org lain/kluarga? 3. saya saat ini sedang menyusui anak kedua saya, apakan boleh sy memakan makanan pedas dan minum air dingin/es? sekian pertanyaan saya,semoga team dokter dapat memberikan jawaban atas pertanyaan saya diatas tersebut. atas perhatian dan jawabannya,sebelumnya saya sampaikan terima kasih. Rgrd, Fanny.

dr. Rio Aditya

Dijawab Oleh:

dr. Rio Aditya

Terima kasih telah bertanya seputar keputihan pada anak melalui fitur Tanya Dokter

Sebelum melanjutkan ada beberapa hal yang perlu kami tanyakan. Sudah berapa lama anak Anda mengalami keputihan? Bagaimana karakteristik keputihan anak Anda? Keputihan pada anak dapat disebabkan oleh:

- Peradangan pada daerah kemaluan
- Cebok yang tidak bersih, terutama pada usia sekolah ketika anak sudah belajar cebok sendiri namun belum bersih
- Duduk dan jongkok sembarangan di lantai sehingga jamur dan bakteri masuk ke vagina,
- Menggaruk daerah kemaluan dengan tangan kotor,
- Menahan buang air kecil sehingga air kencing menetes sedikit-sedikit yang membuat daerah itu rawan iritasi, lembap, dan gatal, dan daerah sekitar kemaluan yang lembab.
- Daerah sekitar kemaluan yang lembab. Umumnya setelah BAK atau BAB anak kecil tidak pernah mengeringkan daerah kemaluannya sehingga celana dalamnya basah dan menjadi lembab. Hal ini memudahkan terjadi iritasi

Selain itu, untuk mengetahui apakah terjadi pelecehan seksual atau tidak, anda dapat melihat didaerah sekitar kemaluan anak anda, apakah terdapat luka, apakah anak menjadi takut ketika anda mencoba memeriksa daerah kemaluannya ? Apakah anak menjadi lebih tertutup dan lebih manja dari biasanya?Apakah ada seseorang yang ia hindari? Hal-hal demikian bisa anda perhatikan lebih untuk mengetahuinya. 

Pertanyaan kedua, air dingin atau air es tidak menjadi masalah bagi ibu yang sedang menyusui, namun minuman seperti kopi sebaiknya dihindari, dan makanan yang pedas sebaiknya dihindari.

Demikian informasi yang bisa disampaikan seputar keputihan pada anak, Semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar