Sukses

Wasir, Apakah Harus Operasi ?

29 May 2017, 09:22 WIB
Wanita, 20 tahun.

Selamat sore dok, saya mau bertanya, kalau wasir apakah harus di operasi? Sudah keluar benjolan, dan sekarang keluar lagi jadi disatu anus, ada 2 benjolan. Bagaimana ya dok? Makasih

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih telah menggunakan layanan Tanya Dokter di KlikDokter.com

Kami mengerti kekhawatiran Anda. Pada dasarnya hemorrhoid (wasir/ambeien) merupakan pembengkakan dan peradangan pada pembuluh darah balik (vena) pada daerah rektum atau anus. Hemorrhoid dibagi menjadi hemorrhoid eksterna dan interna. Untuk menegakkan diagnosis ambeien, diperlukan pemeriksaan langsung oleh dokter pada anus Anda. Hemorrhoid interna dapat dikelompokkan menjadi :

  1. Grade I: wasir tidak keluar dari rektum
  2. Grade II: wasir prolaps (keluar dari rektum) pada saat mengedan, namun dapat masuk kembali secara spontan
  3. Grade III: wasir prolaps saat mengedan, namun tidak dapat masuk kembali secara spontan, harus secara manual (didorong kembali dengan tangan)
  4. Grade IV: wasir mengalami prolaps namun tidak dapat dimasukkan kembali

Hemorrhoid interna derajat I dan II masih dapat ditangani dengan terapi obat oral. Namun hemorrhoid interna derajat III dan IV serta hemorrhoid eksterna memerlukan tindakan bedah untuk penanganannya. Untuk itu, untuk mengetahui penanganan yang tepat, terlebih dahulu perlu diketahui derajat ambeien Anda. Jika keluhan sudah sangat mengganggu dan besar sehingga tidak dapat ditangani lagi oleh obat-obatan maka memang pembedahan merupakan jalan yang terbaik untuk mengatasi kondisi Anda.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam, RF

0 Komentar

Belum ada komentar