Sukses

Alergi Obat

28 May 2017, 19:04 WIB
Wanita, 17 tahun.

Assalamualaikum dok, selamat malam. saya mau tanya dok, gigi depan saya waktu itu di tambal laser terus di gusi saya itu sempet bengkak terus sama dokter umum dikasih obat buat pereda nyeri sama bengkaknya lalu hilang sakitnya. terus sekitar 1/2 bulan kumay lagi, saya ke dokter umum lagi soalnya hari itu tanggal merah nah dokter umumnya kasih saya clindamycin,kaditic,sama asam mefenamat. pas pulang dari klinik saya minum obatnya tiba-tiba mulut saya pait banget gitu dok semuanyaa. di hari ke 2 pas saya baru selesai minum obat tiba-tiba dari tenggorokan sampe ke dada saya nyesek banget dok, itu kenapa ya dok? saya takut kenapa-napa jadinya. mohon dijawab dok, terimakasih

dr. Jeannyfer HJ

Dijawab Oleh:

dr. Jeannyfer HJ

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter.

Halo, kami memahami kekhawatiran Anda.

Berdasarkan keluhan yang Anda sampaikan, kemungkinan Anda memiliki reaksi alergi terhadap salah satu obat yang diberikan.

Pernahkan anda memiliki riwayat alergi terhadap obat-obatan ?

Gejala alergi obat bervariasi tergantung dari bentuk mekanisme imun tubuh yang terlibat. Reaksi yang paling sering terjadi adalah ruam kulit. Jika sebelumnya seseorang pernah terpapar obat yang menyebabkannya alergi, maka ruam mungkin akan timbul lebih cepat, bisa dalam satu atau dua hari sejak minum obat. Reaksi juga dapat 'tertunda' atau belum terjadi hingga 8 sampai 10 hari setelah meminum obat. Reaksi obat juga mungkin baru terjadi setelah satu minggu sejak seseorang berhenti dari meminum obat, biasanya ini terkait dengan penggunaan antibiotik.

Gejala alergi yang muncul hanya beberapa saat setelah mengonsumsi obat (gejala akut) biasanya memunculkan ruam kulit dan gatal-gatal (mirip kaligata). Namun pada kasus yang lebih berat, gejala lain yang mungkin timbul adalah hidung tersumbat, denyut nadi cepat, tekanan darah turun, sesak napas, wajah bengkak, dansakit kepala. Jenis reaksi alergi yang satu ini disebut dengan anafilaksis, yang merupakan jenis reaksi alergi yang paling serius. Jika tidak segera ditangani, dapat menyebabkan kematian bahkan dalam hitungan menit

Anda wajib segera ke rumah sakit apa bila timbul gejala reaksi obat. Beberapa reaksi obat yang ringan dapat berkembang menjadi berat.

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam Sehat.

0 Komentar

Belum ada komentar