Sukses

Berpuasa Saat Hamil

29 May 2017, 01:12 WIB
Pria, 23 tahun.

Dok, saya sedang hamil 34 minggu. Kebetulan saya muslimah, jadi saya ikut puasa. Habis buka puasa hari pertama kemarin, saya mual dan mau muntah. Padahal habis makan. Kemudian di hari kedua ini sehabis sahur kepala pusing, dan mata rasanya berat banget, lemas. Apa saya kurang oksigen ya dok? Saya bingung, apa saya boleh puasa? Tekanan darah 90/160 dok.

dr. Rio Aditya

Dijawab Oleh:

dr. Rio Aditya

Terima kasih telah bertanya seputar puasa dan kehamilan melalui fitur Tanya Dokter

Berpuasa pada saat kehamilan tentu boleh saja dilakukan. Namun, harus memerhatikan beberapa hal terlebih dahulu.

Pertama, tekanan darah anda termasuk tinggi yaitu 160/90 dan dapat dikategorikan hipertensi dalam kehamilan. Kami menyarankan agar anda kontrol dengan dokter kandungan anda untuk memastikan jenis hipertensi yang anda alami. Karena dengan gejala yang anda alami, ditakutkan merupakan jenis hipertensi yang cukup berbahaya dalam kehamilan.

Kedua, apabila anda memiliki riwayat penyakit lambung seperti tukak lambung ,GERD, atau maag, kami sarankan untuk secara rutin meminum obat penurun asam lambung atau pelapis lambung seperti ranitidin, omeprazole, sukralfat, dan antasida ketika berbuka puasa dan sahur.

Ketiga, anda harus fit dan bugar. Dengan kata lain, anda tidak boleh kelelahan, tidak sedang sakit atau lemas, karena dengan usia kehamilan 34 minggu beban anda akan menjadi lebih berat dan membutuhkan energi ekstra untuk beraktifitas sehari hari.

ke empat, Ketika berbuka usahakan hindari makan dalam porsi yang banyak langsung, hindari makanan pedas dan santan, serta minuman yang terlalu pekat seperti es dengan santan, kopi, minuman soda, dll. Pastikan selalu minum air putih 1,5L -2 L setiap harinya.

 

Demikian informasi yang dapat disampaikan seputar puasa dan kehamilan Semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar