Sukses

Flek Kecokelatan dan Madu Penyubur

29 May 2017, 01:01 WIB
Wanita, 22 tahun.

Dok..berbahaya gak sih dok kalo haid keluar darah nya coklat ky darah flek..itu berlangsung selama 4hari...kaya darah lama baru keluar...dan biasanya hr pertama haid itu keluar darah merah dan banyak...tapi baru kali ini darah nya coklat..kebetulan sebelum nya saya minum madu penyubur..apa pengaruh dari madu tersebut apa gimana dok?? Trimakasih

Terima kasih telah bertanya seputar keluar flek kecoklatan dan madu penyubur melalui fitur Tanya Dokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan.

Siklus menstruasi dikatakan masih normal bila berlangsung selama 3-7 hari dengan interval 21-35 hari. Sedangkan keluhan keluar kecokelatan atau flek berwarna cokelat yang Anda alami disebut dengan spotting.

Beberapa penyebab spotting dan/atau disertai dengan nyeri perut bagian bawah adalah sebagai berikut:

  • Kehamilan normal, atau kehamilan ektopik (kehamilan di luar kandungan)
  • Penggunaan kontrasepsi oral
  • Ketidakseimbangan hormon
  • Infeksi pada alat kelamin (contoh: herpes, jamur)
  • Pengobatan tertentu (misal: obat pengencer darah)
  • Polip serviks (benjolan pada mulut rahim)
  • Kanker serviks
  • Dysfunctional uterine bleeding (pendarahan akibat hormonal)
  • Endometriosis, adenomyosis (bentuk kelainan pada dinding rahim)
  • Hiperplasia endometrial
  • Pelvic inflammatory disease (penyakit infeksi pada saluran kewanitaan)

Sebaiknya Anda konsultasikan kondisi Anda ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk pemeriksaan yang lebih lengkap. Untuk menentukan apa kondisi Anda, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan juga pemeriksaan penunjang yang akan dilakukan, seperti USG, pemeriksaan darah, dll.

Sehubungan dengan manfaat madu yang dapat tingkatkan kesuburan, penelitian pada tikus terkait hal tersebut memberikan hasil yang positif. Hasilnya dari penelitian tersebut menyebutkan bahwa suplementasi madu memperbaiki jumlah sperma, gerakan sperma (motilitas), dan bentuk dari sperma itu sendiri.

Namun jangan senang dahulu. Penelitian tersebut hanya menggunakan tikus sebagai bahan ujinya. Memang beberapa penelitian pada tikus memberi hasil positif. Namun ada pula penelitian yang mengatakan kurang terbukti, sehingga belum bisa ditarik kesimpulan. Selain itu, belum terdapat pembuktian pada manusia mengenai manfaat madu untuk kesuburan.

Cara yang terbukti dapat meningkatkan kemungkinan seorang wanita untuk hamil adalah dengan melakukan hubungan seksual secara rutin, yakni 3 kali dalam seminggu. Dan akan lebih baik jika diberi jeda satu hari pada setiap hubungan seksual yang dilakukan. Di samping itu, berhubungan seksual selama masa subur wanita akan meningkatkan kemungkinan terjadinya kehamilan. Jika cara ini masih belum manjur juga, sebaiknya Anda dan pasangan berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter.

 

Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai keluar flek kecoklatan dan madu penyubur. Semoga bermanfaat.

 

 

Salam sehat,

0 Komentar

Belum ada komentar