Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

21 Tahun

LanjutkanStop Disini

Ekek Samping Masturbasi

29 May 2017, 00:38 WIB
Wanita, 19 tahun.

Hallo dokter, saya mau tanya ni, dulu saya sering melakukan mastubrsi di usia sangat belia, saya mulai mengetahui itu karna saya pernah mengalami kejadian pelecehan, kira2 di usia saya yg ke 10-12 tahunan ketika remaja saya sudah jarang melakukan, tapi saat ini saya kadang sesekali masih melakukannya, apakah berbahaya ya dokter karna saya pernah merasakan perut bagian bawah terasa nyeri dan pernah saya keputihan ada bercak darah ny? Untuk haid saya lancar tiap bulan, trmksh doktr

Terima kasih telah bertanya seputar sering masturbasi melalui fitur Tanya Dokter. Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. 

Sebelumnya, izinkan kami menjelaskan tentang masturbasi. Onani atau masturbasi merupakan suatu perangsangan seksual pada alat kelamin yang sengaja dilakukan untuk mendapatkan kepuasan seksual. Kebiasaan melakukan masturbasi bukanlah hal yang positif oleh karena itu kami tidak menganjurkan hal tersebut, terlebih jika dilakukan frekuensi yang sangat sering (hampir setiap hari). Onani pada umumnya tidak menyebabkan lemas.

Seseorang dengan kebiasaan terlalu sering masturbasi dapat mengalami:

  • Perubahan pola tidur
  • Stres & depresi
  • Ansietas (kecemasan/panik)
  • Lemas
  • Kurangnya konsentrasi
  • Disfungsi ereksi dan impotensi (karena faktor-faktor psikologis tersebut).
  • Luka dan peningkatan risiko infeksi pada kemaluan akibat penggunaan benda-benda yang tidak terjamin kebersihannya.

Keputihan atau dalam bahasa medis disebut fluor albus, adalah cairan (bukan darah) yang keluar dari vagina. Bila Anda mengatakan bahwa keputihan yang Anda alami saat ini bercampur darah. Seperti yang telah disinggung sebelumnya, bahwa darah bukan termasuk dalam definisi keputihan sehingga perlu diyakinkan kembali apakah darah tersebut timbul akibat iritasi/trauma/infeksi pada alat genitalia Anda ataukah merupakan perdarahan dari organ reproduksi yang lebih dalam (rahim). Untuk itu janganlah takut untuk berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan Anda karena terapi optimal baru dapat diberikan setelah diketahui penyebabnya.

Sedangkan untuk nyeri perut bawah Anda, dapat berhubungan dengan keluhan perdarahan yang keluar. 

Secara garis besar, keluhan nyeri perut bawah dapat disebabkan karena:

Gangguan saluran pencernaan

Contoh : sumbatan pada saluran cerna, infeksi saluran cerna, atau keganasan

Gangguan sistem reproduksi

Contoh : dysmenorrhea (nyeri ketika menstruasi), hamil, kehamilan ektopik (kehamilan di luar rahim), kista ovarium, endometriosis

Gangguan saluran kencing

Contoh : kandung kencing yang terlalu penuh, infeksi kandung kencing, infeksi saluran kencing bagian bawah

Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengalihkan keinginan melakukan masturbasi adalah dengan melakukan hal-hal yang lebih positif seperti dengan:

  • Berolahraga
  • Melakukan hobi
  • Berpuasa
  • Beribadah, dan kegiatan positif lainnya.

Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai sering masturbasi. Semoga bermanfaat. Salam sehat.

0 Komentar

Belum ada komentar